by

Honipopu Gelar Musrenbang

Ambon, BKA- Masyarakat merupakan pelaku utama pembangunan. Artinya, peran pemerintah lebih sebagai fasilitator dan katalisator dari dinamika pembangunan, sehingga dari mulai perencanaan hingga pelaksanaan, masyarakat mempunyai hak untuk terlibat dan memberikan masukan serta mengabil keputusan, dalam rangka memenuhi hak-hak dasarnya, salah satunya melalui proses musrenbang.

Musrenbang adalah forum publik perencanaan (program) yang diselenggarakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa/kelurahan, kecamatan, pemerintah kota/kabupaten bekerjasama dengan warga dan para pemangku kepentingan. Penyelenggaraan musrenbang merupakan salah satu tugas pemerintah untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.


Musrenbang Kelurahan merupakan proses musyawarah masyarakat tentang pembangunan dilingkungan Kelurahan yang di laksanakan guna untuk mendapatkan suatu kesepakatan di antara masyarakat di setiap daerah yang akan di adakan pembangunan. Forum ini melibatkan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi meraka, dalam proses pembangunan yang akan di laksanakan tentang bagaiman yang seharusnya di lakukan pemerintah serta sebaliknya yang harus di lakukan masyarakat dalam pembangunan yang akan di laksanakan. Oleh karenanya Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, melaksanakan Musrembang Kelurahan.

Lurah Honipopu, Novriel Yusuf mengatakan, dalam perencanaan usulan-usulan dari masyaraka kami pilih kegiatan prioritas, Menyadari dalam Perencanaan Pembangunan tidak luput dari kekurangan-kekurangan yang berasal dari Internal dan Eksternal.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua warga masyarakat di lingkungan Kelurahan yang selalu siap membantu pemerintah dalam membangun kelurahan kedepannya menjadi lebih baik lagi. (BKA-2)

Comment