by

Honipopu Sosialisasi PPKM dan Instruksi Walikota

Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon turun langsung ke sejumlah tempat usaha untuk melakukan sosialisasi terhadap Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro, yang lebih diperketat lewat Instruksi Walikota Ambon nomor 3 tahun 2021.

Kepala Lurah Honipopu, Novriel Yusuf mengaku, sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pengertian bagi masyarakat terkait pemberlakuan PPKM lewat instruksi walikota, guna memutus matarantai penyebaran Covid-19 di lingkungan.

“Kita turun ke kios-kios, rumah makan dan juga rumah kopi untuk memberikan pengertian bagi mereka terkait PPKM ini,” kata Novriel saat di hubungi media ini. Kamis (8/7)

Dari data tracking yang diterima, lanjut Novriel, ada 2 warga di lingkungannya yang terkonfirmasi Covid-19. Dan sudah ditangani pihak medis. Agar hal ini tidak menyebar lebih jauh, PPKM tersebut harus dijalankan meskipun Kelurahan Honipopu masih berada pada zona hijau penyebaran Covid-19.

“Yang terkonfirmasi itu sebenarnya 1 orang perempuan, kemudian di tracking lagi suaminya, sehingga 2 orang yang terkonfirmasi. Sementara ditangani ditunggu hasilnya. Mudah-mudahan saja tidak positif,” pintanya.

Ia menjelaskan, selain sosialisasi terkait PPKM, pihak kelurahan juga telah memberlakukan aturan wajib kartu vaksin bagi setiap masyarakat yang melakukan pengurusan di kantor kelurahan. Jika tidak ada, maka yang bersangkutan tidak dilayani.

“Vaksin inikan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Ini juga sesuai instruksi walikota mengharuskan setiap warga yang melakukan pengurusan wajib membawa kartu vaksin,” sebutnya.

Novriel juga menambahkan, banyak masyarakat yang resah dengan adanya kebijakan PPKM yang dibuat pemerintah. Namun untuk menghentikan penyebaran Virus tersebut, hal itu tentu harus dilakukan untuk kebaikan bersama
.
Dia berharap, semoga pemberlakuan PPKM ini bisa berakhir sebelum tanggal 20 Juli 2021. Sebab perekonomian masyarakat terlihat makin melemah dengan adanya aturan tersebut.

“Itupun tergantung dari kesadaran masyarakat. Kalau kesadaran mereka baik, otomatis Covid-19 bisa beransur hilang dan aktivitas normal ekonomi juga kembali lagi. Saya harap PPKM ini hanya sampai sebelum tanggal 20, agar aktivitas masyarakat bisa berjalan seperti biasanya,” harapnya. (BKA-2)

Comment