by

Hujan Deras, Dua Kecamatan Alami Longsor

Intensitas hujan sedang hingga lebat yang terjadi di kota Ambon sejak akhir pekan kemarin, mengakibatkan bencana longsor terjadi di dua kecamatan. Yakni 7 titik di kecamatan Sirimau dan 1 titik longsor di kecamatan Teluk Ambon Baguala.

“Terjadi kejadian longsor di 8 titik di Kota Ambon, yakni 7 titik di kecamatan Sirimau diantaranya Batumerah, Hative Kecil, Soya, dan Waihoka. Sedangkan Kecamatan Teluk Ambon Baguala 1 titik yaitu di Halong,” ungkap Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Eva Tuhumury, kepada wartawan, Sabtu (10/7).

Dijelaskan, masyarakat yang terdampak longsor sudah diberikan bantuan terpal, gerobak, karung dan dan peralatan lainnya dari BPBD. Guna melakukan pembersihan material longsor di wilayah masing-masing.

“Longsor sudah ditangani oleh BPBD Kota Ambon, serta kami sudah melakukan tanggap darurat kepada masyarakat yang mengalaminya,” sebut Eva.
Dirinya juga menghimbau, agar masyarakat yang tinggal di bantaran sungai dan daerah perbukitan yang diketahui rawan bencana, untuk selalu berhati-hati dan waspada saat kondisi hujan deras.

“Kami tetap menghimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap bencana. Juga himbauan kepada masyarakat jika ada terdampak longsor dan sebagainya, supaya bisa segera melapor untuk mendapat bantuan tanggap darurat,” terangnya.

Dalam situasi dan kondisi seperti ini, kata dia, BPBD Kota Ambon telah membuka posko di kantor kawasan Karang Panjang (Karpan) yang pelayanannya di buka setiap hari.

“Masyarakat yang terdampak bisa datang dengan lampirkan bukti bencana maupun longsor, maka akan dilayani dengan baik,’’ pungkasnya. (IAN)

Comment