by

Hujan Warnai Upacara HUT Kota

Ambon, BKA- Meski dilanda hujan lebat, upacara Peringatan HUT Kota Ambon ke 445 tahun berjalan dengan khidmat. Upacara tersebut dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan, di lapangan Tahapary, Polda Maluku, Tantui, Senin (7/9).

Sebagian besar peserta upacara basah kuyup, namun tidak sedikit pun mengurangi makna dari peringatan tersebut.

Akibat pandemi Covid-19 yang melanda, jumlah peserta upacara harus dibatasi sesuai protokol kesehatan. Namun sebagian Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Ambon turut menyaksikan upacara dimaksud secara online atau melalui virtual.

Selaku Inspektur Upacara, Walikota Ambon Richard Louhenapessy memita maaf kepada masyarakat karena peringatan HUT Kota Ambon kali ini tidak meriah seperti tahun-tahun sebelumnya.

Menurutnya, upacara yang juga dilakukan secara virtual ini merupakan kali pertama sepanjang sejarah akibat adanya pandemi yang melanda. Bahkan lokasi pelaksanaan upacara juga berbeda dari sebelumnya, karena tidak dilaksanakan di lapangan Merdeka Ambon.

Dia menilai, untuk memutus mata rantai pandemi Covid-19, tidak serta merta berdasarkan keinginan. Tetapi harus dibarengi dengan tindakan nyata yakni selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Saya berharap agar semua kebiasaan yang tidak taat pada protokol kesehatan, harus dirubah. Sudah saatnya, kita menunjukkan kebiasaan baik dan bersih,” pesannya.

Ditegaskan, sesuai tema HUT Kota Ambon ke 445, Pemerintah Kota akan tetap memprioritaskan program Ambon Sehat, agar kota Ambon bisa kembali ke zona merah hingga memasuki era new normal.

“Ambon Sehat, akan menjadi kenyataan. Namun semua itu kembali kepada kesadaran diri masing-masing. Kami selalu berharap agar masyarakat bisa bekerja sama dalam situasi ini, ” kunci Richard. (BKA-1).

Comment