by

Hunian WBP Lapas Ambon Digeledah

beritakotaambon.com – Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon, melakukan penggeledahan blok dan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakat (WBP), Senin (30/8).

Giat insidentil tersebut, dilakukan sebagai salah satu upaya dalam melakukan deteksi dini. Guna mencegah terjadinya ganguan keamanan dan ketertiban (kamtib) di Lapas Ambon. Serta demi terciptanya Lapas yang bebas dari handpone, narkoba serta pungutan liar (halinar).

Penggeledahan yang dilakukan usai apel pagi bersama ini, dipimpin langsung oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP) Ambon, Pieter Lessy dan Plh Kepala Seksi Administrasi Kamtib, Abdul Rahim bersama jajarannya.

Penggeledahan dipusatkan pada satu blok hunian, yang mana blok tersebut merupakan blok khusus rehabilitasi narkoba.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah masuknya dan dimilikinya benda-benda terlarang oleh WBP. Terutama ponsel dan narkoba. Sekaligus deteksi dini dalam mencegah gangguan kambtib di Lapas,” terang Pieter, lewat rilisnya kepada media ini.

Baca juga: Walikota : Pertalite Untungkan Pengusaha Angkot

Kesempatan yang sama, Kepala Subseksi Keamanan, Hendro Strian menjelaskan, penggeledehan tersebut rutin dilakukan yang meliputi penggeledehan badan, kamar hunian dan lingkungan sekitar.

“Mengawali penggeledahan dilakukan apel blok hunian, guna memberikan pengarahan kepada WBP. Selanjutnya dilakukan penggeledahan badan, kamar hunian serta lingkungan sekitar blok hunian,” urainya.

Sementara itu, Kepala Lapas (Kalapas) Ambon, Saiful Sahri menambahkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu strategi keamanan, demi wujudkan Lapas Ambon yang bebas dari halinar. Hal ini tentunya sejalan dengan komitmen bersama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, yang dituangkan dalam tiga kunci Pemasyarakata Maju, yaitu mendeteksi dini, berantas narkoba dan sinergi.

“Kami harap, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kesiagaan petugas terhadap peristiwa gangguan kamtib, yang mungkin dapat terjadi di Lapas Ambon,” harapnya.

Sekedar tahu, proses penggeledahan yang dilakukan itu, berlangsung aman dan tertib dengan menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP), serta mengedepankan etika dalam bertindak.

Hasil dari penggeledahan tersebut, tidak ditemukan narkoba. Namun petugas berhasil mengamankan tiga unit handpone beserta barang bukti lainnya seperti charge, gulungan kabel, gunting, dan logam lainnya. Semua barang yang disita, kemudian didata untuk selanjutnya dimusnakan. (UPE)

Comment