by

Hunimua Harus Jadi Fokus Pembangunan di SBT

BULA-BKA, Ketua DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Noaf Rumau mengatakan, dataran Hunimua harus menjadi fokus pembangunan di Kabupaten SBT.

Menurut Noaf, sesuai amanat Undang-Udang Nomor 40 Tahun 2003, dataran Hunimua merupakan ibukota Kabupaten SBT. Sehingga fokus pembangunan harus diarahkan ke kawasan itu.

“Sudah berulangkali saya sampaikan ke Pemkab SBT soal pembangunan di Hunimua. Kalau bagi saya, membangun Hunimua itu tidak susah. Tinggal kita anggarkan 50 miliar tiap tahun dalam pembahasan APBD,” ucap Noaf, kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (2/8).

Namun hingga sekarang, katanya, belum ada tanda-tanda baik, untuk mengarahkan pembangunan di dataran Hunimua.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten SBT itu mengaku, sudah melakukan kunjungan langsung ke Hunimua pada 2019 lalu, pasca dirinya dilantik sebagai Ketua DPRD.

Baca: Perbatasan SBT-Malteng Diperketat

Hasilnya, kawasan itu sudah layak dilakukan pembangunan. Apalagi Kementerian Kehutanan telah memberikan ijin alih fungsi hutan kepada Pemkab SBT, sejak 2014 lalu. Sehingga tidak ada kendala lagi untuk dilakukan pembangunan ibukota Kabupaten SBT di dataran Hunimua.

“Saya sudah kunjungan langsung untuk memastikan kondisi lapangan. Dan disana sudah layak untuk dilakukan pembangunan,” ucapnya.

Noaf mengatakan, jika semua mempunyai niat yang sama untuk membangun dataran Hunimua sebagai ibukota Kabupaten SBT, maka yang pertama dilakukan adalah pembangunan Kantor Bupati SBT di dataran itu. Setelah itu diikuti dengan rumah dinas Pimpinan DPRD, Rusunawa bagi PNS, dan sebagainya.

“Maka perlahan semua aktivitas pemerintah akan dipusatkan disana, sambil Pemkab dan DPRD berkoordinasi dengan semua pihak, untuk pembangunan lainnya di sana,” ujjarnya.

Untuk memulai semangat pembangunan Hunimua, Noaf berinisiatif untuk mengumpulkan semua unsur masyarakat, guna membicarakan hal itu.

Baca: Akerina Jadi Plh Bupati SBB

“Kita cari waktu, biar bicarakan dengan semua pihak atau elemen masyarakat, soal format membangun Hunimua,” tutupnya.(SOF)

Comment