by

Hunuth Bimtek Pendataan IDM Berbasis SDGs

Ambon, BKA- Pemerintah Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon, mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) pendataan Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2021.

Kegiatan tersebut dipusatkan di Kantor Desa Hunuth, yang turut dihadiri oleh pendamping desa, sekertaris desa serta tim pendataan IDM.
“SDGs desa ini merupakan upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan. Desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring dan desa tanggap budaya. Untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, yang dalam bahasa Inggrisnya Sustainable Development Goals (SDGs),” terang Pendamping Desa Hunuth, Edoward, lewat rilisnya kepada koran ini, Rabu (7/4)

Dia mengatakan, program ini juga akan menjadi tolak ukur perkembangan setiap desa. Dimana dengan adanya pendataan warga, bisa diketahui desa bersangkutan berada pada kondisi berkembang, mandiri, atau perlu perhatian.
“Karena akan dilakukan pendataan warga, jadi bisa dilihat perkembangannya itu seperti apa,” ucapnya.

Sekertaris Desa Hunuth, Ampi menjelaskan, dari hasil pelatihan, Pemdes Hunuth akan segera mengirim SK kelompok kerja relawan pendataan yang nantinya sebagai dasar untuk mendapatkan ussername dan password penggunaan aplikasi SDGs desa.

“Sebelum survei ke masyarakat, juga akan kita bekali mereka dengan id card. Agar masyarakat percaya bahwa ini program dari desa. Kita juga akan secepatnya mengirim SK tim yang sudah di bentuk, agar bisa secepatnya mendapatkan ussername dan password mereka untuk menggunakan aplikasi SDGs desa,” pungkasnya. (BKA-2).

Comment