by

Hunuth Siapkan 500 Juta Lebih Untuk BLT

Ambon, BKA- Sebanyak Rp 507.600.000 Dana Desa (DD) disiapkan oleh Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT). Anggaran untuk BLT tahun 2021 ini, akan diperuntukkan kepada 141 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Hunuth.
Sekertaris Desa Hunuth, Ampi menjelaskan, program BLT tersebut hanya bersifat sementara untuk membantu warga yang terdampak Covid-19. Seperti, kehilangan mata pencaharian, turunnya pendapatan ekonomi, dan beberapa lainnya.
“Inikan orogram keadaan mendesak. Covid-19 ini kan tiba-tiba. Dampaknya juga sangat besar bagi masyarakat. Ada yang kehilangan mata pencaharian, penurunan pendapatan, dan lain sebagainya. Untuk mengurangi dampak tersebut ke masyarakat, pemerintah membuat pengalokasian anggaran dalam program pemberian BLT untuk membantu warga. Dan ini hanya sementara saja sampai Covid-19 berakhir, maka pemberian BLT juga berakhir,” terang Ampi, kepada koran ini, Senin (3/5)
Dipaparkan, pengalokasian DD untuk program BLT DD di tahun ini mengalami penurunan. Sebelumnya, di tahun 2020 lalu, hampir kurang lebih 60 persen anggaran DD diperuntuhkan untuk BLT. Sehingga program yang sudah dirancang pemerintah desa menjadi tertunda.
“Tahun kemarin itu sangat besar sekali pengalokasi anggaran kurang lebih itu 60 persen. Sekarang itu hanya 0,2 persen saja untuk sub bidang penanggulangan bencana, salah satunya Covid-19,” ucapnya.
Ampi mengatakan, untuk tahun ini, anggaran dana desa dan alokasi dana desa akan lebih banyak untuk program pembangunan dan pemberdayaan.
“Di tahun ini yang menjadi titik fokus penggunaan dana desa dan alokasi dana desa itu pemulihan ekonomi. Bagaimana desa melakukan pemulihan ekonomi di masyarakat. Baik itu lewat pembangunan maupun pemberdayaan. Dan untuk Desa Hunuth program pembangunan itu sesuai usulan warga ada setapak, drainase, dan mungkin akan tindak lanjuti pembangunan kampung tangguh nusantara bidang pertanian. Dan untuk pemberdayaan, kita masih coba dengan program bantuan UKM,” katanya. (BKA-2)

Comment