by

Hut Kota Akan Diwarnai Selebrasi Vaksinasi Massal

beritakotaambon.com – Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Ambon ke 446 tahun, yang jatuh pada 7 September 2021 mendatang, akan menjadi perayaan terakhir bagi kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dan Syarif Hadler. Di HUT tersebut, akan dilakukan selebrasi vaksinasi massal Covid-19.

Selain perayaan terakhir bagi Richard dan Syarif, yang akan berakhir masa jabatan di pertengahan 2022, HUT Kota tahun ini juga menjadi perayaan terakhir bagi Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, A. G. Latuheru karena akan memasuki masa pensiun di akhir tahun ini.

Sehingga direncanakan akan dilakukan selebrasi vaksinasi massal kepada 4.460 orang yang bersedia divaksin Covid-19. Jumlah ini disesuaikan dengan usia kota Ambon yang akan berusia 446 tahun.

“Jadi tiga tungku di Pemerintah Kota Ambon ini akan merayakan HUT Kota Ambon yang terakhir dimasa kepemimpinan kami. Tidak berarti HUT akan datang kita tidak merayakan. Kita tetap cinta Kota ini,” tandas Richard, kepada wartawan di ruang Vlesingen Balaikota, Selasa (24/8).

Baca juga: Walikota Belum Ijinkan Belajar Tatap Muka

Tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Wendy Pelupessy menambahkan, keteraediaan vaksin cukup terbatas. Namun untuk rencana kegiatan vaksinasi massal nanti, akan disiapkan.

“Vaksin terbatas. Tapi kami sudah koordinasikan dengan Dinas Kesehatan Provinsi, mereka bersedia menyiapkan vaksin untuk persiapan kita selebrasi untuk pekan vaksinasi di Kota Ambon,” bebernya.

Wendy juga mengaku, proses vaksinasi massal nanti akan dibagi pada dua lokasi. Yakni di tribun Lapangan Merdeka dan Pattimura Park. Dengan alasan, vaksin yang diberikan terbatas sehingga pembagian akan disesuaikan dengan banyaknya jumlah dosis vaksin.

Menurutnya, vaksin Sinovac diprioritaskan kepada orang yang rentan seperti anak-anak dan remaja usia 12-17 tahun, lansia dan ibu hamil. Sehingga kedua vaksin tersebut akan dibagi pada dua lokasi sesuai dengan kebutuhan.

“Untuk di tribun lapangan merdeka itu kita menggunakan vaksin Sinovac karena mengingat keterbatasan Sehingga untuk usia 12-33 tahun dan lansia pakai Sinovac, dan yang kita gunakan di Pattimura Park itu Astrazeneca,” jelasnya.

Baca juga:
BPOM Pastikan Produk Vaksinasi Aman

Ia menambahkan, selama kegiatan ini berlangsung, pihaknya akan sesuaikan dengan penerapkan protokol kesehatan. Guna menghindari kluster baru, yang tentunya berimplikasi pada skoring dan zonasi Kota Ambon.

“Anak-anak sekolah itu akan kita pisah. Mereka kita pisah dengan komunitas mereka sendiri di tribun, dengan ibu hamil. Karena rentan,” kuncinya. (IAN)

Comment