by

HUT Kota Ambon, Laha Bagi Masker

Ambon, BKA- Pemerintah Negeri Laha membagikan masker untuk memperingati HUT Kota Ambon yang ke-445 tahun yang jatuh pada tanggal (7/9). Setelah mengikuti upacara peringatan, maka pembagian masker akan dilakukan serentak dibeberapa desa dan kelurahan di Kota Ambon. Berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk HUT Kota kali ini tidak ada perayaan karena adanya Covid-19. Pembagian masker ini sesuai arahan Wali Kota Ambon dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Masker akan dibagikan untuk seluruh warga di Negeri Laha.

“Jadi setelah upacara, Wali Kota mengarahkan pemerintah desa dan kelurahan untuk serempak membagikan masker. Pembagian masker ini dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Ambon. Memang tidak ada acara ataupun perayaan yang dilakukan seperti tahun sebelumnya karena adanya pandemi. Tidak diperbolehkan untuk menggelar acara yang mambuat keramaian, mengingat masih berlakunya PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar). Meski begitu tidak berkurang rasa syukur kami atas peringatan HUT Kota ini,” pungkas Fahmi Mewar sekretaris negeri Laha.

Fahmi juga mengakui bahwa selalu ada perayaan di negeri Laha dalam menyambut HUT Kota. Perayaan yang dilakukan biasanya berupa pementasan seni yang menampilkan budaya Kota Ambon seperti tari-tarian dan peragaan baju adat. Selain itu juga akan digelar perlombaan bagi warga dalam menyongsong hari ini. Semua acara dan perlombaan yang diadakan diakui ada anggaran pelaksanaan dari dana desa.

“Untuk tahun sebelumnya selalu ada kegiatan yang dilaksanakan diruang lingkup negeri. Perayaan menyongsong HUT yang kami lakukan yaitu perlombaan dan pentas seni budaya Ambon. Perlombaan akan diikuti seluruh warga Laha, dan mereka sangat antusias. Selain itu akan diadakan serangkaian pementasan antara lain tari-tarian adat Ambon, juga ada peragaan busana adat Ambon. Ada juga makan patita yang kami laksanakan. Intinya kami selalu mengdakan kegiatan menyongsong HUT Kota Ambon, namun untuk tahun ini hanya pembagian masker sesuai arahan Wali Kota Ambon,” tambahnya. (MG-1)

Comment