by

IAIN Buka PMB Jalur Mandiri

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon saat ini telah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Mandiri. Hal itu disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik IAIN, Prof. Dr. La Jamaa, Jumat (4/6).

Menurutnya, jalur PMB yang dilakukan secara nasional, yakni, SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN, telah selesai dilakukan. Sehingga telah menghasilkan sejumlah Mahasiswa Baru (Maba) di IAIN Ambon.

Namun lanjut dia, masih ada jalur terakhir atau jalur Mandiri, untuk mengakomodir sebanyak mungkin mahasiswa baru di kampus hijau tersebut, yang penutupannya Juli mendatang.

“Proses pendaftarannya masih tetap secara online. Sekarang ini sekitar 300 Maba sudah mengambil formulir 300. Namun baru 200 orang yang kembalikan formulir, sekaligus melakukan pembayaran. Mudah-mudahan, semua yang yang mengambil formulir dapat menyelesaikan semua proses administrasi pendaftaran,” harap La Jamaa.

Akibat pandemi Covid-19, katanya, banyak pendaftar yang masih berada di kampung halaman, di luar Kota Ambon. Sehingga pihaknya mengambil kebijakan melakukan ujian susulan, guna mengantisipasi mahasiswa yang terkendala jaringan internet.

“Karena tahun ini hanya online. Bagi mereka diwilayah terpencil yang mengalami kendala susah akses internet, akan lakukan ujian ulang. Kalau untuk di Kota Ambon, tidak ada ujian ulang. Untuk Pendaftaran mahasiswa baru tahap Mandiri, ini akan kami tutup pada bulan Juli. Target kami, itu mahasiswa tahun ini masuk lebih banyak dari tahun kemarin,” tutup La Jamaa.(LAM)

Comment