by

IAIN Mulai Gencar Sosialisasi Penerimaan Maba

Ambon, BKA- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon mulai menggencarkan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru (Maba), untuk jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan Mandiri/lokal tahun akademik 2021. Demikian disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik IAIN Ambon, Prof. Dr. La Jamaa, Senin (1/3).

Menurutnya, proses sosialisasi penerimaan Maba itu sudah dilakukan sejak pertengahan Februari lalu. Terutama di fokuskan pada Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Pulau Buru, dan Maluku Tenggara (Malra).

“Tahap pertama seleksi penerimaan Maba sudah mulai, yakni SPAN. Sehingga sejak dua pekan lalu, kita sudah mulai sosialisasi dan itu akan terus dilakukan hingga proses seleksi selesai. Bahwa sekalipun SPAN dan UM-PTKIN ini merupakan jalur seleksi nasional, tapi kita tetap fokus sosialisasi dengan turun di sekolah-sekolah dan paling dominan itu di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Pulau Buru, dan Maluku Tenggara (Malra),” ungkapnya.

Terkait target yang akan dicapai pada seleksi Maba tahun 2021 ini, menurutnya, belum ditetapkan secara pasti. Karena hal itu perlu disesuikan dengan kondisi Covid-19. Sebab pada seleksi penerimaan Maba tahun 2020 lalu, jumlah meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Dengan dasar pengalaman tahun sebelumnya, terangnya, menjadi alasan pentingnya IAIN Ambon memaksimalkan sosialisasi pada tahun akademik 2021 ini, guna memastikan tidak semua aktivitas kampus dipengaruhi pandemi Covid-19.

“Hanya soal bagaimana kita menjual profil kampus secara maksimal kepada masyarakat luas, khusus pada calon Maba yang saat ini masih berada pada kelas XII SMA, SMK, dan sederajat lainnya. Saya yakin, lewat sosialisasi soal apa yang dimiliki oleh kampus ini, dapat meningkatkan jumlah Maba di tahun 2021,” harap Jamaa. (LAM)

Comment