by

IAKN Fokus Pengembangan Kreativitas dan Ketrampilan Mahasiswa

Ambon, BKA- Salah satu fokus program kerja IAKN Ambon di 2021, yakni, pengembangan kreativitas dan ketrampilan mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan IAKN Ambon, Dr. Agus Gaspersz, mengungkapkan, program pengembangan kreativitas dan ketrampilan mahasiswa yang diprioritaskan bukan saja yang dilakukan dilingkungan kampus, tapi juga yang berskala nasional.

“Untuk kegiatan kemahasiswaan lingkup kampus, masih tetap fokus pada kegiatan mahasiswa lewat organisasi intra kampus, antara lain, pengembangan Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) IAKN. Karena nantinya lewat BEM, kita programkan kegiatan kreatifitas dan ketrampilan mahasiswa yang diakomudir oleh mereka sendiri secara organisasi. Sedangkan kegiatan berskala nasional, antara lain, Temu Bakhti Nasional tingkat Perguruan Tinggi Kristen Negeri (PTKN), Jambore Pramuka Nasional. Nah, terkait kegiatan-kegiatan itu, IAKN telah menyiapkan mahasiswa ke arah itu,” terang Gaspersz.

Tidak hanya itu, ada juga program kemahasiswa yang rutin dilakukan setiap hari. Yakni, pendidikan dan pembinaan spiritualitas mahasiswa, dosen dan para pegawai.

“Setiap Senin itu, ibadah buka usbu kerja dilakukan. Itu melibatkan semua mahasiswa, pegawai serta semua dosen. Itu kita manfaatkan sebagai ruang pembinaan spiritualitas semua mahasiswa dan warga kampus, agar terbina mental dan spiritualnya, supaya tetap bertumbuh dalam Kristus sebagai Kepala Gereja dan Umat. Sekaligus sebagai forum silahturahim lintas semua warga kampus untuk bentuk koinonia dalam persekutuan yang utuh dalam Kristus, hidupkan marturia kesaksian, dan kembangkan diakonia atau pelayanan atas nama kemanusiaan bagi sesama manusia. Serta mendorong kehidupan dan konsepsi modernisasi beragama yang kokoh, solid dan berwibawa, diantara sesama warga negara yang multikultural dan majemuk ini,” tutur Gaspersz.

Menurutnya, Pandemi Covid-19 tidak harus dijadikan sebagai tantangan yang melemahkan semangat membangun kualitas mahasiswa. Tapi sebagai kesempatan untuk lebih berkreasi dan inovatif, untuk meningkatkan pegetahuan, ketrampilan dan spiritualitas mahasiswa

“Ditengah-tengah situasi pandemi ini, tidak harus membuat kita pesimis dan seakan tidak berdaya akibat perkara bencana global ini. Namun kita harus semakin energi untuk menuangkan gagasan-gagasan yang kreatif dan inovatif, jauh melebihi kedahsyatan pandemi ini. Dengan demikian, semangat dan spiritualitas itu menjadi suatu kebangkitan baru untuk melawan serta menghentikan corona ini,” pungkasnya. (LAM)

Comment