by

IDM Berbasis SDGs Dinilai Bermanfaat

Indek Desa Membangun (IDM) berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) yang dibentuk berdasarkan 3 indeks, yakni indeks ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi dan indeks ketahanan lingkungan, dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat dan juga pihak desa.

Pasalnya, pendataan IDM berbasis SDGs ini mempunyai tujuan untuk pembangunan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan. Dengan dilakukannya beberapa faktor seperti menyusun pokja relawan pendataan desa, memuktahirkan data pada level desa, memuktahirkan data pada level rukun tetangga, memuktahirkan data pada level keluarga, memuktahirkan data pada level warga, menganalisis data sesuai kaidah Sdgs desa, dan merekomendasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa sesuai hasil analisis Sdgs desa.

Penjabat Kepala Desa Wayame, Kecamatan Teluk Ambon, Noer A. La Saleman, kepada koran ini, Senin (17/5) menyebutkan, IDM dikembangkan berdasarkan konsep, bahwa dalam mencapai wujud suatu desa yang mandiri dan maju, perlu adanya pembangunan berkelanjutan yang didasari aspek ketahanan sosial, ekonomi dan lingkungan untuk mensejahterakan desa.
Dimana 3 aspek ini sebagai hal yang memperkuat proses pencapaian tujuan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

“IDM ini punya pengaruh penting dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat desa. Dia juga sebagai tolak ukur perkembangan desa dengan melakukan program pembangunan berkelanjutan. Artinya, pembangunan-pembangunan desa yang belum terlaksanakan, yang belum dikerjakan, harus di realisasikan,” terang Noer.

Dirinya berharap, kedepannya program pendataan IDM berbasis SDGS ini dapat membantu perekonomian masyarakat desa.
“Tujuan dari pada program inikan untuk membangun desa tanpa kemiskinan. Dengan adanya program pembangunan berkelanjutan yang di lakukan, semoga program ini benar-benar dapat membantu menunjang perekonomian masyarakat yang ada di desa Wayame,” harapnya (BKA-2)

Comment