by

Idul Adha, Pemkot Sumbang 52 Hewan Kurban

Jelang perayaan Idul Adha (1442-H) yang jatuh tanggal 20 Juli 2021 pekan depan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan menyumbangkan 52 hewan kurban ke seluruh masjid yang telah memasukan proposal permintaan.

Selain Masjid, organisasi masyarakat yang mengajukan proposal ke Pemkot Ambon untuk mendapatkan hewan kurban, juga akan dibagikan. “Kita akan bagikan sesuai dengan proposal,” ungkap Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Ambon, Fenly Masawoy, kepada wartawan, Kamis (15/7).

Ia menjelaskan, sesuai dengan anggaran yang dimiliki Pemkot Ambon, lebaran Idul Adha kali ini, pihaknya menyediakan 30 ekor kambing dan 22 ekor sapi.

Dia juga mengaku, proses penyembelihan hewan kurban tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena harus menjaga protokol kesehatan (prokes). Yakni tetap dilakukan sebagaimana mestinya, namun tidak bisa dihadiri oleh masyarakat umum. Mengingat kondisi Kota Ambon sedang dalam zona merah penyebaran corona.

“Proses pemotongan hanya akan dihadiri oleh mereka yang bertugas langsung untuk menyembelih hewan kurban saja. Tidak bisa disaksikan banyak orang,” tandasnya.

Fenly menambahkan, proses penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha nanti, telah dijadwalkan hanya boleh dilakukan selama tiga hari, dengan menggunakan protokol kesehatan yang telah diperketat lewat Instruksi Walikota Ambon.

“Kemudian pembagiannya, tidak bisa dilakukan pada satu lokasi terpusat seperti di masjid. Nanti panitia yang antar sendiri daging kurban kepada warga yang berhak mendapatkan,” pungkasnya. (IAN)

Comment