by

Ikapatti Ambon Siapkan Program Unggulan

Ambon, BKA- Usai melaksanakan Musyawarah Besar (Mubes) ke-1 pada Maret 2021 lalu, Ikatan Alumni Universitas Pattimura (Ikapatti) Ambon siap menjalankan 10 program unggulan. Diantaranya pembentukan cabang Ikapatti se-Indonesia dan pembangunan gedung alumni yang representatif.

Keberadaan ikatan yang menghimpun seluruh alumni Unpatti Ambon ini sudah terbentuk sejak 58 tahun silam. Hanya saja, karena belum terwadahi secara sah sebagai sebuah organisasi, nama Ikapatti masih terkesan asing di masyarakat.

Namun setelah melaksanakan Mubes pertama, Ikapatti kembali membuka sayap. Bahkan sudah menggelar musyawarah besar dengan menetapkan ketua umum dengan didampingi enam orang sebagai formatur.

Ketua Umum Ikapatti Ambon, Muhammad Marasabessy mengatakan, keberadaan Ikapatti saat ini, memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas dan daya saing Unpatti di semua lini. Sehingga, peran alumni dalam berbagai kesempatan harus dimanfaatkan demi memajukan kualitas almamater Unpatti Ambon.

“Dan itu kita sementara lakukan. Kita juga punya program unggulan yang disiapkan,” tuur Marasabessy kepada wartawan, di aula Unpatti Ambon, Kamis (22/4).
Menurut dia, program unggulan itu, diantaranya dilakukannya pembentukan cabang Ikapatti se-Indonesia, pembangunan gedung alumni yang representatif, pengembangan sistem rekam jejak lulusan (tracer study) dan bekerjasama dengan berbagai Lembaga untuk beasiswa bagi mahasiswa.

Selain itu, juga akan dibangun jejaring kerjasama dengan dunia kerja secara lokal, nasional dan Internasional, pengembangan sistim bursa kerja berbasis website dan and bagi lulusan, pelatihan sertifikasi industri bagi lulusan, pengembangan website dan database alumni, temu alumni (Silahturahmi) nasional dan mengusahakan penyediaan sarana pendidikan bagi almamater melalui kerjasama dengan berbagai pihak. “Ini 10 program unggulan Ikapatti kita,” sebutnya

Dia mengaku, Ikapatti Ambon telah melakukan Mubes. Dari Mubes itu, tim formatur ditugaskan untuk menyusun komposisi dan personalia kepengurusan Ikapatti periode 2021-2025. Kemudian, menyelaraskan AD/ART Ikapatti rancangan garis besar program kerja.

“Nanti hasil kerja formatur terkait struktur kepengurusan akan di kukuhkan pada 26 April 2021 mendatang di gedung Auditorium Unpatti serta penyelarasan AD/ART dan program kerja akan disampaikan pada saat rapat kerja pengurus pada bulan Mei yang akan datang,” terangnya
Ditambahkan, sebelum acara pengukuhan atau pelantikan, tim formatur dan pengurus akan melakukan roadshow dan beraudiensi dengan Gubernur Maluku, Rektor Unpatti, Ketua DPRD Provinsi Maluku dan Walikota Ambon untuk melaporkan struktur Ikapatti periode 2021-2025. “Untuk jadwal pelantikan itu nanti tanggal 28 April ini,” pungkasnya. (UPE)

Comment