by

Ilyas Hamid Akan Diduduki Kursi Sekda Buru

Ambon, BKA- Selangkah lagi, kursi Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru akan diduduki oleh Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Buru, Moh. Ilyas Hamid.

Pasalnya, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Buru, Asis Latuconsina, mengundurkan diri secara tiba-tiba dari perebutan kekosongan jabatan tersebut.

Sebelumnya, ada dua calon kandidat yang memperebutkan kursi jenderal Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Buru, yakni, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Buru, Asis Latuconsina, dan Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Buru, Moh. Ilyas Bin Hamid.

Hal tersebut berdasarkan surat pengumuman nomor: 007/PANPEL-JPT PERTAMA/X/2020 tentang hasil seleksi pengisian jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Buru, tertanggal 31 Oktober 2020.

Isinya, berdasarkan berita acara rekapitulasi hasil akhir seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Buru, Nomor: BA-10/PANSEL/JPTP/10/2020 tanggal 31 Oktober 2020, maka panitia seleksi mengumumkan hasil akhir seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Buru, kedua nama tersebut dinyatakan memenuhi syarat.

Surat pengumuman tersebut ditandatangani oleh Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Kabupaten Buru, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku, Kasrul Selang.

Selanjutnya hasil akhir seleksi terbuka ini akan disampaikan kepada pejabat pembina kepegawaian, Bupati Buru, Ramly Umasugi, untuk diproses sesuai ketentuan yang berlaku.

Namun dalam perjalanannya, Asis Latuconsina, memundurkan diri dari pencalonan sebagai Sekda Kabupaten Buru.

“Yang lolos cuma pak Ilyas Hamid, karena pak Asis mundur. Masih dalam proses pak Asis mundur, sehingga yang diajukan cuma pak Ilyas,” ungkap Bupati Buru, Ramly Umasugi, saat dikonfirmasi koran ini via WhatsApp, Rabu (11/11).

Saat ditanya soal kemungkinan Ilyas Hamid yang kini menjabat sebagai Plt. Sekda Buru akan jadi sekda definitif, karena tinggal dirinya sendiri yang diajukan kepada Gubernur Maluku. “Iya betul sekali,” singkatnya.

Namun saat ini, lanjut Ramly, Pemkab Buru masih menunggu rekomendasi dari Gubernur Maluku, Murad Ismail, yang merekomendasikan Ilyas Hamid sebagai Sekda Buru. “Iya pak Ilyas, tinggal tunggu rekomendasi Gubernur,” pungkasnya.

Surat pengumuman ini diperoleh koran ini dari laman resmi Pemkab Buru, yang mempublikasikan hasil seleksi calon Sekda Buru di burukab.go.id per tanggal 2 November 2020.

Untuk diketahui, Pejabat Pembina Kepegawaian adalah pejabat yang mempunyai kewenangan menetapkan pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian Pegawai Negeri Sipil dan pembinaan Manajemen ASN di instansi pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. (MSR)

Comment