by

Ilyas Hamid Dilantik Jadi Sekda Buru

Ambon, BKA- Bupati Buru, Ramly Umasugi, resmi melantik Moh. Ilyas Hamid, sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buru, pekan kemarin.

Pelantikan yang digelar di Aula Kantor Bupati tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol Covid-19. Yakni, semua undangan diwajibkan mengenakan masker dan mencuci tangan dengan handsanitizer, sebelum memasuki ruangan pelantikan.

Selain itu, semua kursi pada ruangan pelantikan Kepala Dinas Perkotaan dan Pemukiman ini sebagai Sekda Buru itu, diatur berjarak. Sehingga tamu undangan tidak duduk berdempetan.

Bupati Buru, Ramly Umasugi, mengucapkan selamat kepada Ilyas Hamid yang baru dilantik sebagai Sekda Buru. “Hari ini saya mengucapkan selamat kepada saudara Ilyas Hamid, yang baru saja dilantik dan mengambil sumpah jabatan,” ucapnya.

Ramly mengungkapkan, banyak tantangan dan rintangan yang harus dilalui sebelum pelaksanaan pelantikan Sekda Buru difinitif tersebut. Baik pada saat kabupaten berada dalam kondisi kekosongan jabatan Sekda sampai dengan pelaksaan seleksi Sekda.

“Berbagai tantangan dan rintangan yang dihadapi, baik selama kita berada dalam kondisi kekosongan jabatan Sekertaris Daerah sampai dengan pelaksanaan seleksi. Sehingga proses pelantikan hari ini, menjadikan kita jauh lebih teliti dan jauh lebih siap, serta berhati-hati dalam setiap pengambilan keputusan,” ungkapnya.

Dalam proses seleksi tahap akhir, terang Umasugi, ada dua nama yang telah lolos seleksi. Yakni, Ilyas Hamid dan Asis Latuconsina yang merupakan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Buru.

Lanjutnya, sesuai dengan ketentuan undang-undang dan peraturan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), hubungan bupati dengan gubernur terkait dengan usulan jabatan Sekda Buru, sifatnya adalah konsultasi.

“Kita konsultasikan dua nama. Dua nama itu disampaikan kepada gubernur dengan semua persyaratan, kemudian disampaikan kepada KASN,” tegasnya.
Setelah kedua nama itu mendapat persetujuan, kemudian dia selaku bupati kembali mengusulkan lagi satu nama dengan kriteria-kriteria. “Nah, satu nama itu saya usulkan untuk kemudian dilantik menjadi Sekda,” ungkap Ramly.

Untuk diketahui, Moh. Ilyas Hamid, sebelumnya telah melaksanakan tugas sebagai Plt Sekda Buru, pasca pejabat sebelumnya, Drs. Ahmad Assagaf, ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus tindak pidana korupsi. (MSR)

Comment