by

Indra Tanaya Jabat DPRD Ambon

beritakotaambon.com – Indra Tanaya atau akrab disapa Tan Indra, resmi dilantik sebagai anggota DPRD Kota Ambon, sisa periode 2019-2024. Tan Indra dilantik langsung oleh Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta dalam Paripurna Khusus yang berlangsung secara virtual, di gedung DPRD Belakang Soya, Senin (6/9).

Politisi Nasdem ini dilantik berdasarkan Keputusan Gubernur Maluku, nomor 380 tahun 2021, tentang Peresmian Pengangkatan Pergantian Antar Waktu (PAW) DPRD Kota Ambon, Senin (6/9).

Diketahui, Indra Tanaya merupakan calon legislatif (caleg) dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu. Dirinya merupakan pemenang kedua suara terbanyak dari Dapil Sirimau I, yang dilantik menggantikan Christian Latumahina yang telah meninggal dunia pada Januari 2021 lalu.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, dalam sambutannya mengatakan, pengucapan sumpah janji dalam paripurna PAW terhadap Indra Tanaya merupakan hadiah bagi Kota Ambon di usia ke 446 tahun. Dan dengan sisa periode kurang lebih 3 tahun ini, Indra Tanaya dapat bertugas membantu wakil rakyat yang lain. Untuk bersama-sama Pemerintah Kota Ambon wujudkan pemerintahan yang akuntabel.

“Saya ucapkan selamat kepada saudara Indra Tanaya yang telah diambul sumpah dan janji. Atas nama Pemerintah Kota Ambon, saya mengundang saudara untuk hadir pada HUT Kota Ambon besok (hari ini)

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta dalam sambutannya, turut menyampaikan selamat datang bagi Indra Tanaya. Tak lupa, Touisuta juga memberikan apresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada almarhum Cristian Latumahina atas pengabdiannya selama hidup.

Baca juga: BKD : Belum Ada Juknis Penghapusan Gaji 13 di 2022

Menurutnya, PAW merupakan bagian dari dinamika keanggotaan dalam lembaga DPRD yang dapat terjadi kapan saja. Dan dinamika internal itu, sebagai salah satu faktor pendorong.

“Dalam menjalankan fungsi pokoknya, anggota dewan diharapkan tetap konsisten atas seluruh kebijakan dan program pembangunan,” tandas Toisuta.

Politisi Golkar ini menilai, tugas pokok dan fungsi (tupoksi) DPRD sebagai penyelenggara pemerintahan. Sehingga Indra Tanaya diharapkan bisa melaksanakan tugas sebagai anggota dengan sebaik-baiknya, serta dapat menjalin hubungan yang baik antar sesama anggota. Baik dalam satu partai maupun lintas fraksi.

Baca juga: Kinerja Perangkat Kelurahan Perlu Diperhatikan

“Diharapkan dapat berinteraksi dengan baik di tengah pergesekan berbagai kepentingan yang terjadi begitu cepat di era globalisasi. Sebagai kenyataan yang harus dihadapi semua pihak, termasuk sebagai anggota DPRD. Lebih jauh keberadaan DPRD sebagai lembaga yang mewakili masyarakat, diharapkan mampu memberikan sumbangsih yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat,” pesannya (UPE)

Comment