by

Inggris Vs Denmark: Kenapa VAR Tak Batalkan Penalti Kontroversial?

Perdebatan sengit terjadi setelah momen Raheem Sterling terjatuh hanya karena kontak minimal dan Inggris mendapat penalti.

Penalti kontroversial Inggris saat bentrok dengan Denmark tidak dibatalkan oleh VAR seiring wasit Danny Makkelie memilih untuk menghukum Jannik Vestergaard yang dianggap melakukan kontak terhadap Raheem Sterling.

Publik menilai, bintang Manchester City tersebut melakukan diving karena tidak tampak adu fisik yang jelas antara dia dan Vestergaard.
Pertandingan ini harus berjalan panjang hingga extra-time setelah Inggris tak mampu memaksimalkan setiap dominasi teritorial mereka kala menyerang pertahanan Denmark.

Gol pembuka indah lewat tendangan bebas dari Mikkel Damsgaard dapat segera dibalas The Three Lions melalui torehan bunuh diri Simon Kjaer. Skor 1-1 ini bertahan sampai akhirnya pasukan Gareth Southgate mendapatkan penalti.

Vestergaard membuat kontak minimal dengan Sterling. Namun banyak pihak beranggapan, lantaran Inggris dalam posisi menguntungkan, maka VAR pun enggan mengubah keputusan semula.

Mantan wasit Liga Primer, Peter Walton, memberi penjelasan konkret terkait penalti yang diperoleh Inggris. Dia menilai, segala keputusan yang dibuat telah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Itu pasti karena kesalahan yang jelas dan terang benderang. Juga sudah ada cek terhadap bodi atas yang dilakukan bek Denmark itu. Saya kira, ini adalah penalti dan VAR memeriksanya, jelas sang mantan wasit.

Perlu diingat, itu harus menjadi kesalahan yang jelas dan nyata agar keputusan di lapangan dapat diubah, tambahnya.
Di tempat lain, mantan pemain internasional Inggris Lee Dixon juga berpendapat bahwa penalti yang didapatkan negaranya sah karena Sterling mendapatkan adangan yang berbau pelanggaran.
Dia [Sterling] mendapatkan sentuhan di atasnya. Apakah dia memotong tumitnya pada saat yang sama? serunya.

Dia menempatkan kakinya di dalam, saya tidak begitu yakin ada banyak sekali kontak. Jangan terlalu bersemangat, tandasnya.
Wasit ada di sana sejauh penglihatan, apakah kakinya bersentuhan, tidak terlihatkah apa pun di sana? Tak terlihat seolah-seolah itu adalah kaki kanannya, ulasnya.

Kiper Kasper Schmeichel sempat melakukan penyelamatan terhadap sepakan penalti Harry Kane. Namun, bola rebound dapat disambar kembali oleh sang striker untuk menentukan kelolosan Inggris ke final.
Inggris akan memainkan final Euro 2020 dengan menghadapi Italia, yang sebelumnya berhasil menyingkirkan Spanyol lewat drama adu penalti. (INT)

Comment