by

Insentif Nakes dan Vaksinator Segera Dibayar

BURU-BKA, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru, segera membayar insentif tenaga kesehatan (nakes) dan vaksinator penanganan Covid-19.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru, Azis Tomia, mengatakan, pembayaran insentif nakes penanganan Covid-19 dan vaksinator akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Jadi terkait dengan insentif nakes, ini ada dua. Yakni, satu dalam penanganan Covid-19 dan kedua dalam vaksinasi. Khusus untuk di Kabupaten Buru, kami akui memang ada keterlambatan pembayaran. Dan kami perkirakan, kalau tidak dalam Minggu ini, paling terlambat hari Senin depan, itu sudah proses pembayarannya,” kata Azis, kepada BeritaKota Ambon, di Kantor Bupati Buru, Rabu (11/8).

Baca juga: Pemkab Batasi Peserta Upacara HUT Kemerdekaan

Dia menjelaskan, keterlambatan pembayaran insentif tenaga kesehatan dan vaksinator penanganan Covid-19 tersebut, bukan dari pemerintah daerah. Ini karena teman-teman dari Puskesmas, yang terlambat mengajukan data penerima insentif tersebut.

Sebenarnya, lanjut Azis, ada hitungan-hitungan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan. Jadi dari Puskesmas, nanti mengajukan ke Dinas Kesehatan. Kemudian Dinas Kesehatan selaku verifikator, akan melakukan verifikasi untuk diajukan ke Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi, dalam bentuk surat keputusan penetapan pembayarannya.

“Nah, dititik itulah ada keterlambatan. Cuma kami dari Satgas sudah mengambil langkah, kemarin kami sudah koordinasi dua kali dengan teman-teman dari Dinkes dan juga dari Puskesmas, kalau seluruh administrasi itu sudah siap pada bulan Juli tanggal 25. Administrasi itu sudah siap, tinggal proses pembayarannya,” ujar dia.

Selain itu, dia menambahkan, keterlambatan pembayaran tersebut karena banyak juga Nakes di Puskesmas yang agak jauh, dan tidak memiliki nomor rekening.

“Sehingga mereka harus datang ke Namlea dulu untuk membuka rekening di Bank BPDM Maluku. Dan keterlambatan ini kalau satu orang saja, maka berpengaruh secara kolektif. Tapi alhamdulillah, seluruh administrasi itu sudah dipenuhi, sehingga dalam minggu ini, insya Allah proses pembayaran itu sudah bisa dibayarkan sampai dengan bulan Juni. Jadi untuk selama 6 bulan,” pungkasnya.(MSR)

Comment