by

Inspektorat SBT Lirik Penyaluran BLT Desa Lemumir

Jakarta, BKA- Inspektorat Kabupaten Seram Bagian Timur akan lakukan pemeriksaan khusus atas aduan masyarakat, terkait dengan pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) di Desa Administratif Limumir, Kecamatan Bula.

Hal ini akan disikapi karena sesuai laporan yang di terima, banyak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang belum mendapat BLT tersebut.

“Kami sudah terima laporan dari masyarakat soal beberapa KPM yang belum menerima BLT DD. Untuk itu, kami akan memerintahkan tim khusus untuk dapat meninjau dan melakukan pemeriksaan di Desa tersebut,” kata Ketua IRBAN Wilayah III, Nasarudin Tianotak, Selasa (16/6).

Memang, ungkapnya, Inspektorat Kabupaten SBT sudah membentuk tim khusus untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran dalam pemanfaatan DD di Kabupaten SBT di masa Covid-19, untuk menjawab keresahan masyarakat.

Hal itu juga dilakukan sebagai bentuk perhatian serius Inspektorat Kabupaten SBT, terhadap tata kelola serta pelaksanaan penggunaan DD yang akuntabel dan transparan oleh satuan pengguna anggaran di daerah itu.

Selain itu, Inspektorat Kabupaten SBT juga bakal melaksanakan pengawasan yang intensif terhadap pemanfaatannya DD di semua desa pada tahun ini.

“Ini sudah menjadi komitmen untuk mengawal penggunaan DD, agar mengedepankan kepatuhan terhadap regulasi yang ada.Sekaligus guna menekan potensi pelanggaran hukum karena tindakan penyelewengan dan lainnya,” tegas Tianotak.

Dia berharap, instansi pengelolaan keuangan agar tetap mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan dalam pengelolaan uang negara.

“Kami berharap kepada para pimpinan institusi dan pengelola keuangan, untuk tetap mematuhi ketentuan, termasuk selalu mengedepankan integritas. Sehingga berbagai pelanggaran dalam penggunaan DD di Kabupaten SBT akan dapat ditekan seminimal mungkin,” tutupnya. (LAN)

Comment