by

Irwil II Sidak UPT Pemasyarakatan di Ambon

beritakotaambon.com – Selepas memberikan penguatan ke seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) melalui sambungan Teleconference, Inspektur Wilayah (Irwil) II, Icon Siregar bersama Tim Auditor Inspektorat Jenderal melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa UPT Pemasyarakatan di Kota Ambon, Selasa (14/9).

Sidak yang dipimpin langsung Irwil II ini, turut didampingi Kepala Divisi Aministrasi, Agung Rektono Seto, Kepala Divisi Imigrasi, M. Yani Firdaus, Plt. Kepala Divisi Pemasyarakatan, Syaiful Sahri, dan Kepala Bagian Pelaporan dan Humas, Abdul Malik Wagola.

Sidak ini merupakan salah-satu bentuk pemantauan langsung terkait kesiapan dan pencegahan, terkait keamanan dan ketertiban. UPT yang menjadi perlabuan awal dari kunjungan tersebut, yakni Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Ambon, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Ambon, dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Ambon.

Dalam arahannya, Icon menegaskan, terkait kedisiplinan serta tanggung jawab atas tugas dan fungsi dari masing-masing pegawai. 

“Kepada para pejabat struktural yang memegang tanggung jawab, agar selalu mengingat dan terus memantau setiap titik rawan dan berpotensi tinggi dalam keamanan dan ketertiban. Utamanya terkait  Bahan Makanan yang menjadi hak warga binaan, instalasi listrik, ruangan bimbingan kerja (bimker) yang mengandung listrik dan bahan bakar, untuk menjadi perhatian khusus,” tegas Icon.

Tak hanya memberikan penegasan terkait Kamtib, Icon juga mengapresiasi jajaran Pemasyarakatan di Maluku, yang telah bekerja dengan giat. Sehingga untuk kebersihan dan penataannya telah cukup baik dan perlu untuk dipertahankan, serta berpotensi untuk ditingkatkan.

Dirinya juga meminta Kalapas, yang juga menjabat sebagai Plt. Kadiv PAS, untuk melakukan perbaikan terhadap infrakstruktur yang perlu dibenahi. Serta bina kerjasama dan konsultasikan dengan pemadam kebakaran, bagaimana penangan jika ada terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Perubahan itu penting. Kepada struktural jangan bebankan semua kepada kepala kantor. Petugas Bama ingat pakai masker dan perketat protokol kesehatan, kualitas dan quantity dijaga. Juga kepada para penanggungg jawab di masing-masing bagian, untuk terus sigap dan selalu tanggap terhadap keadaan darurat, karena tidak selamanya kita aman. Nomor darurat disiapkan dari kantor polisi, pemadam kebakaran, dan semua yang dianggap penting,” pesan Icon. (UPE)

Comment