by

Isolasi Terpusat Hanya Khusus Pasien Parah

Tempat isolasi terpusat yang sementara ditambah Pemerintah Kota Ambon, hanya menampung pasien terkonfirmasi Covid-19 yang dianggap paling parah, untuk kemudian disembuhkan. Sementara pasien terkonfirmasi tidak terlalu parah, bisa lakukan isolasi mandiri di rumah dan dipantau Nakes.

“Yang betul-betul kita kosentrasi kepada yang terpusat, itu yang betul-betul butuh perhatian,” ungkap Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, kepada wartawan, Senin (12/7).

Dan untuk menilai siapa yang harus isolasi terpusat atau tidak, lanjut Richard, akan dicek langsung oleh tenaga kesehatan (NAkes) yang bertugas di Fasilitas Kesehatan (Puskesmas) terdekat. “Ada orang terkonfirmasi lalu puskesmas akan memberikan evaluasi, ini bisa nggak diisolasi terpadu, terpusat ataukah isolasi mandiri,” terangnya.

Walikota dua periode ini menilai, untuk menambah tempat isolasi terpusat, maka akan dipikirkan pihaknya secara matang. “Rumah sakit lapangan untuk mengakomodir pasien bisa, tetapi kita harus memperhintungan juga dengan tenaga medisnya,” ujarnya.

Dikatakan, mekanisme standar operasionalnya pada proses pelayanan pasien terkonfirmasi, juga akan diperketat. Dan tidak dilakukan asal-asalan. “Jadi setelah, misalnya ada orang terkonfirmasi, puskesmas akan tentukan mana yang isolasi terpadu, terpusat ataukah isolasi mandiri,” tutup Richard. (IAN)

Comment