by

Jack Ma Muncul Lagi, Saham Alibaba Group Meroket

Saham Alibaba Group melonjak menyusul kemunculan konglomerat Jack Ma setelah dikabarkan menghilang pada 2 minggu lalu.

Pada perdagangan Rabu (20/1) siang, saham Alibaba Group Holding Ltd (HK:9988) meroket 9,17 persen atau 22,4 poin menjadi HK$266,6 per saham.

Saham Alibaba Group sempat lesu setelah pemerintahan Xi Jinping membatalkan rencana Ant Group melantai di bursa Hong Kong pada November lalu. Terendah, saham sempat menyentuh level HK$104 pada perdagangan 28 Desember 2020.

Itu merupakan imbas perintah pemerintah China kepada Ant Group untuk merombak bisnisnya dan kembali menjadi penyedia layanan pembayaran. Instruksi merupakan tekanan susulan yang mereka lakukan terhadap kerajaan Jack Ma yang kala itu mulai sulit dikendalikan.

Instruksi dikeluarkan tak lama setelah otoritas membatalkan rencana IPO Ant Group. Perlakuan yang diberikan sekarang ini bertolak belakang dengan sikap pemerintah yang sebelumnya menjadikan anak usaha Alibaba sebagai ‘anak kesayangan’ pemerintah.

Seperti diketahui, pendiri grup usaha Alibaba, Jack Ma, muncul dalam sebuah video berdurasi 50 detik setelah dikabarkan menghilang.

Pasalnya, sebelum ‘bersembunyi’ dari mata publik, ia sempat mengkritik pemerintah Xi.

Dalam rekaman video sepanjang 50 detik itu, Ma terlihat mengenakan jas berwarna biru tua dan menyampaikan sambutan melalui kamera dari ruangan berlatar tembok marmer dan karpet dengan corak garis. Belum diketahui lokasi tempat Jack Ma menyampaikan sambutan itu.

Jack Ma juga sempat menyampaikan ucapan selamat kepada para guru yang mendapat penghargaan. Dia juga menyampaikan permohonan maaf karena tidak hadir dalam kegiatan yang sama tahun lalu di kota pesisir Sanya.

“Kita tidak bisa berjumpa di Sanya karena epidemi. Setelah epidemi selesai, kita harus berupaya supaya semuanya bisa berangkat ke Sanya dan kita berjumpa di sana,” kata Jack Ma. (INT)

Comment