by

Jadikan HPN Sebagai Pemulihan Ekonomi Daerah

Ambon, BKA- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), menjadikan momentum Hari Pers Nasional (HPN) 2021, sebagai pemulihan ekonomi daerah. Dengan menggelar dialog publik, di aula KPU SBT, Rabu (10/2).

Dengan menghadirkan pemeteri dari Dinas Diskoprindak, Dinas Pertanian, dan Dinas Ketahanan Pangan.

Carateker PWI SBT Muhammad Yasin Kelderak, dalam sambutanya mengatakan, bicara pemulihan ekonomi daerah melalui dinas terkait yang diundang PWI, sejalan dengan tema besar HPN 2021.

“Kita coba melakukan kegiatan ini sejalan dengan tema besar HPN. Yakni bangkit dari pandemi, serta sebagai pemulihan ekonomi bersama pers sebagai akselelator perubahan” ucap Kalderak

Selain itu, kata dia, kondisi pandemi Covid-19 membuat kita untuk harus berfikir maju mengembangkan potensi daerah yang ada untuk kebutuhan ekonomi masyarakat. Lanjutnya, maka itu, tugas wartawan tidak hanya meliput dan memberitakan. Tapi bagaimana hadir memberikan solusi bagi pemerintah daerah, tentang pemulihan ekonmi dalam kondisi pandemi ini.

“Jurnalis atau wartawan tugasnya bukan semata untuk meliput pembaritaan. Namun bagaimana wartawan mempunyai peran dalam pemulihan ekonomi masyarakat di daerah ini” kata Yasin.

Ditempat sama, Panitia Pelaksana, Hasanudin Rumbouw, dalam laporanya berharap penuh, agar semua pemateri yang diundang dapat menjelaskan ke publik, tentang pentingnya pemulihan ekonomi dari segi dinasnya.

Dia juga meminta, demi pemulihan ekonomi daearah, asset yang ada di setiap kecamatan dapat dipenuhi dengan sarana dan prasarana yang memadai.

“Tolong kepada dinas terkait dapat memberikan kebutuhan dasar bagi masyarakat di kecamatan. Demi mereka bisa maksimal dalam menjalankan tugas untuk membantu Pemda SBT dalam rangka pemulihan ekonomi daerah” harapnya.

Selain itu, Kapolres SBT AKBP Andre Sukendar, yang hadir juga dalam kegiatan itu menambahkan, Indonesia bahkan seluruh dunia, hingga kini masih dihantui wabah pademi Covid-19. Dimana banyak media yang berperan mengedukasi kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Meskipun untuk mendapatkan informasi, para wartawan dihadapkan dengan keselamatan jiwa dan terkena dampak ekonomi akibat Covid-19. Namun tidak mengendorkan semangat para insan pers untuk menjalankan profesinya,” tandas Kapolres.

Ia berharap, para wartawan dengan segala keterbatasan di musim pandemi saat ini khususnya SBT, tetap profesional, bermartabat dan beradab serta terpenuhi hak publik memperoleh informasi yang tepat, akurat, terpercaya serta komitmen untuk berperan dalam pembangunan. Sekaligus tidak mengurangi tingkat ketaatan wartawan pada kode etik jurnalistik.

Diketahui, peserta yang hadir dalam dialog publik itu, dari HMI, GMNI, KAMMI, PMII, IMM, GPI, LMND KNPI serta Camat Bula Barat, Camat Bula, dan sejumlah kepala desa. (SOF)

Comment