by

Jadikan Ramadhan Untuk Perkokoh Silaturahmi

Masyarakat yang menjalankan ibadah puasa di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), dihimbau untuk memanfaatkan momentum Ramadhan untuk memperkokoh hubungan silaturahmi antar sesama. Demikian disampaikan Plt Kepala Kemenag SBT, Moksen Mahu kepada koran ini, Selasa (20/4).
“Mari kita semua menyemarakan bulan suci Ramadhan ini, dengan membangun silaturahmi. Terutama untuk anak-anak remaja jangan terkontaminasi dengan hal-hal yang merusak persatuan dan kesatuan, hingga terjadi perkelahian yang merusak ibadah puasa kita,” pesan Mahu.

Dikatakan, dalam menjalankan ibadah puasa, senantiasa menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan puasa itu sendiri. “Makan dan minum dengan sengaja tentu dapat membatalkan puasa. Namun jika makan dan minum dalam keadaan lupa atau tidak sengaja, puasanya tidak batal. Dengan syarat kita harus berhenti makan dan minum dan melanjutkan puasa,” sebutnya.

Hal lain yang membatalkan puasa itu diantaranya juga, bersetubuh atau berhubungan suami istri di siang hari dalam keadaan puasa. Muntah dengan sengaja, merokok saat puasa, memasukkan benda ke bagian tubuh yang berlubang secara sengaja, haid/nifas. Hilang akal karena gila atau epilepsi, mengeluarkan air mani dengan sengaja dan murtad (keluar) dari Islam.
“Di bulan yang mulia ini, kita perbaiki ibadah kita. Sehingga kita melaksanakan ibadah puasa, ibadah sholat. Dan ibadah-ibadah lainya mampu mengantarkan diri kita menjadi orang yang terhormat dihadapan Allah SWT. Sebagaimana orang-orang yang bertakwah kepada Allah SWT,” himbaunya. (SOF)

Comment