by

Jaga Kebersihan Kampung, Kelurahan Honipopu Bantuk Tim Saberling

Ambon, BKA- Kebersihan lingkungan menjadi salah satu fokus utama Pemerintah Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, diawal 2021.

Untuk menjaga kebersihan lingkungan, Pemerintah Kelurahan Honipopu, telah membentuk kelompok Sapu Bersih Lingkungan (Saberling).

Kelompok yang terdiri dari 12 warga tersebut akan bertugas untuk membersihkan lingkungan seputaran area Kelurahan Honipopu, setiap hari.

Lurah Honipopu, Novriel Yusuf, mengatakan, kelompok sapu bersih lingkungan ini akan bertugas sesuai dengan jadwal dan lokasi yang sudah ditentukan, serta diawasi langsung oleh pihak kelurahan.


“Jadi bersih lingkungan ini hanya di seputaran area Kelurahan Honipopu. Nantinya 12 warga ini akan bekerja sesuai jadwal dan lokasi masing-masing, serta diawasi langsung oleh kami selaku pihak kelurahan,” katanya.

Kelompok Saberling yang di bentuk ini bertujuan untuk membersihkan lingkungan, yang saat ini masih menjadi presepsi di masyarakat, bahwa permasalahan kebersihan lingkungan adalah tugas dari petugas kebersihan dan instansi terkait yang menangani lingkungan hidup.

Padahal, katanya, seharusnya permasalahan kebersihan lingkungan itu pembenahannya harus di mulai dari lingkungan keluarga.

Apabila di lingkungan keluarga sudah ada kesadaran. Maka mereka otomatis akan lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar.

Untuk itu, pada 2021 ini, Novriel menjelaskan, sudah ada penganggaran dari APBD Kota Ambon untuk membayar kompensasi bagi kelompok Saberling yang bertugas.

“Untuk tahun ini penganggarannya semua sudah masuk ke dalam APBD Kota Ambon melalui Kelurahan Honipopu. Jadi mereka dibiyayai langsung oleh APBD,” terangnya.

Ia berharap, dengan dibentuknya tim Saberling tersebut, masyarakat bisa meningkatkan kesadaran mereka terkait kebersihan lingkungan.

“Kalau lingkungan ini bersih, otomatis hidup kita sehat. Penyebaran Covid-19 juga bisa kita hindari. Banyak manfaat yang bisa kita dapat dari lingkungan yang bersih,” tutupnya (BKA-2)

Comment