by

Jajaran Kodim 1506/Namlea Divaksin Astrazeneca

Ambon, BKA- Vaksin Astrazeneca untuk mencegah Covid 19, pertama kali disuntikan kepada prajurit Kodim 1506/Namlea dan Ibu-ibu Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX Kodim 1506/Namlea, yang berlangsung di Puskesmas Namlea, Kabupaten Buru, Rabu (21/4).

Lewat rilisnya kepada koran ini, Kamis (22/4), Kapten Inf Haris Tumenggung menjelaskan, pelaksanaan vaksin Astrazeneca pada Rabu (21/4) kemarin, kepada Anggota Kodim 1506/Namlea dan Ibu-ibu Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX Kodim 1506/Namlea merupakan yang pertama dilaksanakan di Puskesmas Kecamatan Namlea.
“Dalam kegiatan kemarin, sebanyak tiga prajurit dan empat pengurus Persit Kartika Chandra Kirana yang telah divaksin Astrazeneca tahap pertama. Mereka akan menjalani vaksin tahap kedua 14 hari ke depan,” sebutnya.

Mereka yang divaksin, kata dia, tadinya dinyatakan telah lolos verifikasi pendaftaran. Kemudian baru diskrining dan anamnase. Di pos itu, prajurit Kodim dan ibu persit penerima vaksin diperiksa secara detail termasuk ada tidaknya penyakit penyerta (comorbid).

Dimana Pos dua itu diberikan pertanyaan sebanyak 16 item, termasuk ada tidaknya penyakit bawaan. Jika ada satu saja item yang tidak sesuai syarat, maka yang bersangkutan tidak boleh menerima vaksin.
“Tahapan berikutnya adalah pemberian vaksin corona yang berada di pos tiga. Usai disuntik, penerima vaksin menjalani masa observasi selama 30 menit di pos empat,” terangnya.

Observasi itu, lanjutnya, untuk melihat gejala klinis yang muncul setelah pemberian vaksin atau KIPI (Kejadin Ikutan Pasca Imunisasi). Selama masa observasi, dipantau gejala klinis yang muncul pasca pemberian vaksin. Dan prajurit dan ibu Persit yang divaksin itu dinyatakan aman.

Sementara itu, Dandim 1506/Namlea, Letkol Arh Agus Guwandi, kepada awak media mengatakan, bahwa vaksin itu program nasional harus didukung bersama dan merupakan bagian dari bela negara.
“Kalau kita sehat negara juga sehat kuat dan aman. Indonesia sejahtera. Jangan pernah takut, vaksin ini halal dan ini demi keselamatan semua bangsa,” tegas Dandim.
Sesuai rencana kegiatan vaksin bagi prajurit TNI dan juga Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana itu akan terus berlanjut. Dan itu merupakan salah satu bentuk dukungan dari aparat Teritorial, terutama Kodim 1506/Namlea terhadap program pemerintah dimasa pandemi Covid 19. (PEN151)

Comment