by

Jajaran Pas Maluku Ikut Donor Darah

Ambon, BKA- Bantu stok darah PMI, petugas Pemasyarakatan (Pas) Maluku ikut menyumbangkan darah, dalam kegiatan jelang Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-57, di aula Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku, Jumat (09/4).

Dipelopori oleh Divisi Pemasyarakatan (Divpas) Maluku, kegiatan tersebut diikuti puluhan pendonor yang berasal dari Kanwil Maluku serta beberapa UPT Pemasyarakatan se-Kota Ambon.

“Ini merupakan bukti semangat kepedulian kita kepada masyarakat di tengah situasi pandemic,” ujar Kepala Divpas Maluku, Yulius Sahruzah, yang ikut menyumbangkan darahnya saat itu.

Menurut Yulius, kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu stok darah yang ada di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Ambon. “Semangat HBP bukan sekedar serimonial belaka, tetapi wujud tindakan nyata insan Pemasyarakatan di tengah masyarakat, dan ini salah satunya,” cetusnya.

Yulius juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran PMI Kota Ambon, yang sudah membantu sehingga kegiatan donor darah dapat berjalan dengan lancar. Ia juga memberikan apresiasi kepada seluruh pendonor yang dengan ikhlas telah menyumbangkan darahnya.
“Kalian telah membantu banyak orang dan dapat menyelamatkan nyawa orang lain. Semoga kegiatan ini mendatangkan pahala bagi kita semua,” pungkasnya.

Sementara itu, antusiasme petugas untuk mendonorkan darah, terlihat dengan banyaknya petugas yang ikut mendaftar. Namun setelah dilakukan skrining awal oleh petugas PMI Ambon, hanya 30 orang yang memenuhi syarat untuk menjadi pendonor. Karena beberapa hal seperti kadar HB yang rendah, dan sedang mengkonsumsi obat.
“Jadi, 30 kantong darah ini sangat berguna bagi Kami (PMI) untuk menjaga ketersedian stok darah yang kita punya di tengah situasi pandemi,” ucap Jean, salah satu petugas PMI Kota Ambon. (UPE)

Comment