by

Jaksa Musnahkan Barang Bukti Narkoba Dari 81 Kasus

beritakotaambon.com – Sebanyak 81 kasus narkotika jenis sabu dan ganja berhasil di sita dan dimusnahkan Kejaksaan Negeri Ambon.

Kepala Kejaksaan Negeri Ambon, Dian Fris Nalle, mengatakan, dari 81 kasus ini, jumlah paket narkoba ditotalkan masing-masing, sabu sebanyak 334 paket sedangkan ganja sebanyak 253 paket. Penanganan perkara ini terhitung dari tahun 2020-2021 saat ini.

“Barang bukti yang ada ini perkaranya semua sudah berkekuatan hukum tetap, atau sudah selesaikan di sidangkan. Jadi ini dari tahun 2020 sampai 2021 saat ini,” ungkap Nalle, kepada wartawan, saat melakukan pemusnahan di halaman Kantor Kejari Ambon, Kamis (26/8).

Menurutnya,jika ditaksirkan ke harga paket narkoba, semua nilainya bervariasi. Karena, harga narkoba dengan berat nol koma sekitar Rp.500 ribu. Ada juga beratnya sampai dengan 15-50 gram.

Baca juga:
Abdul Gafur Laitupa Yakin Menang di MA

“Jadi masalah nilai kita tidak bisa taksirkan, karena lebih mengetahui hal ini penyidik,” ujarnya.
Orang nomor satu di kantor Kejari Ambon ini mengaku, dari perkara ini, yang lebih dominan itu narkoba jenis sabu dan ganja kurang lebih 6 perkara.

“Dari 81 kasus ini, putusan paling tertinggi dari 18-20 tahun kurungan badan,pelaku ini perannya berbeda, ada pengedar dan pemakai,” jelasnya.

Nalle menambahkan, terhadap perkara-perkara narkoba yang saat ini masih dalam proses persidangan, jika sudah selesai dan mendapat putusan atau kekuatan hukum tetap, Kejari Ambon juga tetap melakukan pemusnahan barang bukti seperti yang dilakukan saat ini.

“Ada sebagian kasus yang masih dalam sidang, nanti kalau sudah selesai sidang atau mendapat kekuatan hukum tetap, maka kita musnahkan barang buktinya juga,” tandasnya. (SAD)

Comment