by

Jaksa Pastikan Kasus Dirut SBM Tuntas

Ambon, BKA- Penyidikan kasus dugaan illegal loging di Negeri Sabuai, Kabupaten Seram Bagian Timur akan tuntas.
Pasalnya,penanganan kasus yang menyeret Direktur CV Sumber Berkat Mandiri (SBM), Imanuel Qudaresman sudah dilakukan sejak 2019 lalu.

Kasus ini ditangani langsung, Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dari Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Maluku.
PPNS dari Gakum Maluku sebelumnya, mengaku kasus tersebut telah selesai proses rangkaian penyidikannya. Sehingga tahapan selanjutnya tinggal di Kejaksaan untuk melaksanakan tahap II atas kasus tersebut.
Kasi Pidsus Kejari SBT, Rido Sampe mengatakan, kasus sabuai yang menyeret tersangka Imanuel Qudaresman tentu tuntas hingga ke Pengadilan.

Sampai Mengatakan, kasus ilegal loging yang menyeret Direktur CV SBM itu menjadi atensi dari pimpinan di Kejati Maluku dalam hal Ini Rorogo Zega.

“Kasus ini jadi atensi pimpinan kita di Kejati. Nah, kasusnya pasti tuntas. Hanya saja, saat ini sesuai petunjuk, kita ada lakukan penyidikan tambahan bersama dengan Gakum. Jadi tunggu saja, pasti tuntas hingga ke Pengadilan,” jelas mantan Kasipidsus Kejari Buru itu.

Sebelumnya, lambatnya penuntasan kasus Sabuai ini membuat masyarakat adat Sabuai geram. Mereka kemudian menyurati ke pihak LHK Maluku untuk menanyakan status kasus tersebut. Hanya saja, tidak ada respon terhadap upaya penuntasan kasus dimaksud. Kini, mereka menyurati Kementrian Lingkungan Hidup untuk melaporkannya.

“Saya akan menyurati Kementrian Kehutanan untuk melapor kasus ini,” tegas dengan singkat Justin Tuny kuasa hukum masyarakat adat Sabuai.(SAD)

Comment