by

Jaksa Teliti Berkas Ayah Bejat

Ambon, BKA- Setelah menerima berkas perkara tahap I dari penyidik Unit Pelayanan Perempuan dan Anak Polda Maluku, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Maluku mulai meneliti berkas perkara ayah cabul Zeth Hermanus Likumahua, dengan TKP Negeri Ouw,Kecamatan Saparua,Kabupaten Maluku Tengah.

Tersangka yang berumur 62 Tahun ini terseret ke ranah hukum karena melakukan tindak pidana pelecehan seksual terhadap anak dibawah umur.

“Jaksa baru saja menerima berkas tahap I dari penyidik. Kemudian setelah menerim berkas perkara, jaksa meneliti dulu selama jedah waktu dua minggu ke depan,” ungkap Kasi Penkum Kejati Maluku, Samy Sapulette, Senin (7/12).

Kata dia, jika dalam penelitian berkas perkara, terdapat kekurangan data, JPU akan mengembalikan berkas tersebut ke penyidik untuk dlengkapi. “Kalau sudah selesai di teliti, maka JPU kembalikan berkas tersebut ke penyidik,” tandas Sapulette.

Sebelumnya, kasus ini dilaporkan keluarga korban ke Polsek Saparua, namun karena tidak ada perkembangan yang signifikan, keluarga korban melaporkan hal ini ke Unit PPA Polda Maluku.

Setelah dilakukan penyelidikan, tersangka yang melakukan pelecehan seksual terhadap anak dibawah umur itu tahan dan dimasukan ke dalam sel Tahanan Polda Maluku.

Tersangka disangkakan dengan pasal 81 ayat (1) Undang-Undang RI no.17 tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang RI nomor 01 tahun 2016 dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun.(SAD)

Comment