by

Jaksa Teliti Berkas Pengacara Narkoba

Kejaksaan Negeri Ambon, Bagian O
Pidana Umum, mulai meneliti berkas perkara Elia Rony Sianresy, pengacara yang terjerat kasus narkoba jenis sabu.

Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Ambon, Ajid Latuconsina, mengatakan, berkas perkara narkoba Elia Rony Sianresy masih diteliti jaksa Kejari Ambon.

“Berkas perkara tersangka Elia Rony Sianresy masih diteliti jaksa penuntut umum,” ujar Latuconsina, Minggu (18/7).

Menurutnya, berkas perkara pengacara DPD Partai Golkar Maluku itu baru saja diteliti, karena berkasnya baru diterima dari penyidik Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease.

“Semoga saja, berkas perkara ini cepat lengkap untuk disidangkan di Pengadilan Negeri Ambon,” tandasnya.

Sebelumnya, setelah anggota Satresnarkoba Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease berhasil merampungkan berkas perkara pengacara narkoba Elia Rony Sianresy alias Rony, direncanakan, Senin 12 Juli 2021 ( Hari ini), berkas perkara tersebut bergulir ke Jaksa Penuntut Umum Kejari Ambon.

Berkas perkara Pengacara partai Golkar Maluku itu diserahkan ke penuntut umum untuk kepentingan persidangan nanti di Pengadilan Negeri Ambon.

“Kita serahkan berkas tahap I ke penuntut umum rencananya Senin besok (hari ini), untuk diteliti baik dari sisi formil dan materilnya,” ujar Kasat Narkoba Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease, AKP Jufry Jawa kepada media ini, Minggu (11/7).

Menurut Jufry, jika nanti berkas perkara ini sudah dilimpah ke jaksa, penyidik tinggal menunggu petunjuk jaksa seperti apa dalam berkas perkara.

“Kalau sudah serahkan berkas tahap I, tinggal kita tunggu saja apa saja petunjuk jaksa dalam berkas perkara. Tapi kalau tidak ada kendala dalam berkas. Maka proses penyidikan berjalan lebih cepat agar naik sidang,” tandas Jufry.

Sebelumnya diberitskan, tim Satresnarkoba Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease saat ini sedang melengkapi berkas perkara Elia Rony Sianresy, tersangka kasus narkoba jenis sabu.

Kasat Narkoba Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease, AKP Jufry Jawa mengatakan, berkas perkara tersangka ERS alias Rony saat ini masih dilengkapi. “Berkasnya kita masih lengkapi untuk proses tahap I,” ujar Jufry melalui selulernya, Selasa (6/7).

Jufry mengaku, berkas perkara pengacara ini dalam waktu dekat sudah dilakukan tahap I, ke jaksa penuntut umum Kejari Ambon untuk diteliti. “Rencananya dalam minggu ini, kita sudah limpah berkas perkara ke jaksa untuk diteliti,” tandasnya.

Sebelumnya, Jufry mengatakan, tersangka Elia Rony Sianressy sejak diamankan, penyidik langsung tetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka.

Tersangka di tahan langsung di sel tahanan Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease.

Elia Rony Sianresy alias Rony, ditangkap di Kamar Kosnya di kawasan Waringin Batu Gantong, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Senin 24 Juni 2021 lalu.

Awalnya,Kasat Narkoba Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease, AKP Jufry Jawa, mengatakan, penangkapan terhadap pengacara muda ini setelah anggota Resnarkoba menerima informasi dari masyarakat.

Dari hasil penggerebekan, petugas menemukan barang bukti yang dalam penguasaan pelaku, sebanyak satu paket narkoba golongan satu jenis sabu.(SAD).

Comment