by

Jalankan Program, Amahusu Tunggu Penetapan Saniri

Ambon, BKA- Pemerintah Negeri Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, hingga kini masih menunggu pemilihan dan penetapan saniri negeri untuk bisa menandatangani seluruh program pembangunan di tahun ini. Sehingga dua program prioritas usulan masyarakat bisa segera direalisasikan.

Sekretaris Negeri Amahusu, Nick Silooy menyebutkan, dua program prioritas yang diusulkan masyarakat lewat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa, yakni pembangunan drainase dan jalan setapak.
Dua hal tersebut, kata dia, bakal dijalankan setelah adanya saniri definitif dan pencarian dana desa (DD) untuk Desa Amahusu. Sebab, fungsi pembangunan dinilai dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sesuai hasil musrenbang yang sudah kita laksanakan bersama warga, kita sepakat 2 program pembangunan yakni setapak dan drainase. Itu yang akan menjadi titik fokus kita. Secepatnya akan kita upayakan setelah pemilihan saniri selesai,” ungkap Silooy, saat dihubungi koran ini, Senin (5/4).
Dijelaskan, dua program pembangunan tersebut, merupakan usulan warga yang akan dilakukan di tahun ini. Dan program ini akan dijalankan setelah dana desa telah dicairkan oleh pemerintah.

“Setelah pemilihan saniri selesai, penandatanganan juga dilakukan. Maka kita tinggal menunggu pencairan dana dari pemerintah, untuk menjalankan program-program yang sudah dirancang dalam musrembang bersama warga,” tandasnya.
Silooy berharap, seluruh program yang sudah dirancang pihaknya bersama dengan warga, dapat terealisasi di tahun ini. Mengingat di tahun 2020 lalu, program negeri banyak yang tertunda akibat adanya refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Refocusing mungkin masih tetap ada, namun tak sebesar tahun 2020 lalu. Semoga saja program 2021 ini bisa terealisasi seluruhnya dengan baik. Karena fungsi dari pembangunan desa inikan untuk meningkatkan kesejahteraan warga dan kualitas hidup. Juga untuk penanggulangan kemiskinan melalui kebutuhan dasar sarana-prasarana,” tutup dia. (BKA-2)

Comment