by

Jalur Darat Buru Tak Ditutup

Ambon, BKA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru tidak menutup jalur transportasi darat, selama periode dilarang mudik sepanjang 6 hingga 17 Mei.

Namun larangan mudik tersebut tidak berlaku untuk moda transportasi darat, baik angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Jadi masyarakat tetap bisa bepergian selama masih di Pulau Buru alias mudik lokal diperbolehkan.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru, Ramly Ibrahim Umasugi, mengatakan, yang dilarang itu mudik untuk sementara bagi masyarakat yang menggunakan moda transportasi laut dan udara, dari dan menuju Kota Namlea, Kabupaten Buru, sebagai upaya pengendalian mobilitas selama bulan suci Ramadhan dan ldul Fitri Tahun 1442 Hijriyah.

“Iya, kita masih perbolehkan masyarakat mudik dengan tranportasi darat seputar Pulau Buru. Namun, masyarakat perlu memperhatikan dan menjalankan protokol peniadaan mudik selama bulan suci Ramadhan serta hari Raya ldul Fitri Tahun 1442 Hijriyah,” kata Ramly, kepada BeritaKota Ambon, Selasa (4/5).

Bupati Buru itu menjelaskan, karena Satgas Penanganan Covid-19 Pemkab Buru telah mengeluarkan surat edaran Nomor: 01/ST-Buru/2021, tentang peniadaan mudik hari Raya Idul Fitri tahun 1442 Hijriyah dan upaya pengendalian penyebaran Covid-19 selama bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriyah di Kabupaten Buru.

“Masyarakat dari dan menuju Kota Namlea, seperti dari Namlea ke Namrole dan sebaliknya, masih bisa menggunakan mobil atau motor. Itu yang tidak dilarang selama surat edaran itu masih berlaku,” ujar Ramly.

Selain itu, dia menambahkan, sementara jika masyarakat yang mau ke Kepala Madan maupun yang dari juga diperbolehkan. “Sampai di Biloro, Kecamatan Kepala Madan, Kabupaten Buru Selatan itu masih bisa ke Namlea,” kuncinya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Buru, Jamaluddin Samak, menyampaikan, jalur darat diberlakukan normal.

“Jalur darat normal seperti biasa. Jadi tidak ada pembatasan transportasi darat, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19,” pungkasnya. (MSR)

Comment