by

Janjikan Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat

TMMD ke-109 Resmi Dibuka
Ambon, BKA- Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 secara nasional resmi dibuka, Selasa (22/9).

Di wilayah teritorial Kodam XVI/Pattimura ada dua lokasi yang dijadikan fokus kegiatan, yakni, Kabupaten Buru di Provinsi Maluku dan Kabupaten Halmahera Utara di Provinsi Maluku Utara.

Pada acara pembukaan TMMD secara serentak itu, dilakukan penandatangan berita acara yang dilakukan oleh sejumlah pejabat. Termasuk Bupati Buru, Ramli Umasugi, dengan Dandim 1506/Namlea, Letkol Arh Agus Guwandi. Serta Bupati Halut, Ir. Frans Manery, dengan Dandim 1508/Tobelo yang diwakili oleh Mayor Inf Rusmin.

Dengan mengusung tema “TMMD Pengabdian untuk Negeri”, TMMD ke-109 lebih menjanjikan peningkatan taraf hidup masyarakat, karena kegiatan yang akan dilakukan nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Sehingga hasilnya dapat dirasakan untuk menunjang peningkatan ekonomi sehari-hari.

Untuk itu, akan ada sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan di kedua wilayah tersebut, baik berupa program fisik dan non- fisik. Misalnya, di Kabupaten Buru akan digelar kegiatan fisik, seperti, Pembuatan Drainase, pembuatan jalan Beton dan wadah jemur Ikan Puri.

Sedangkan untuk program non-fisik, akan dilakukan kegiatan peran PHBS rumah tangga di masa pandemi Covid-19, pencegahan dan penanganan stunting, pelayanan KB dan kesehatan reproduksi pada masa pandemi Covid-19.

Kapendam XVI/Pattimura, Kolonel Arm. Stefie Jantje Nuhujanan, mengatakan, TMMD hadir untuk meningkatkan akselerasi pembangunan, baik dari aspek infrastruktur maupun SDM. Sehingga akan tercapai pemerataan pembangunan, terutama bagi wilayah yang masih tertinggal.

“Kami berharap, ditengah pandemi Covid-19 ini, TMMD ke-109 ini dapat berjalan lancar, tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan, yang hasilnya dapat dirasakan masyarakat secara nyata. Ekonomi meningkat, kegiatan sehari- hari menjadi efektif dan efisien,” pungkasnya.(PEN 151/Pendam16)

Comment