by

Jelang Ramadhan, Disperindag Didesak Operasi Pasar

Ambon, BKA- Komisi II DPRD Kota Ambon mendesak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota untuk segera melakukan operasi pasar (OP), jelang bulan suci Ramadhan 1442 H. Pasalnya berbagai kebutuhan pokok mulai mengalami lonjakan harga.

“Sebelumnya Indag (Disperindag) hanya sampaikan stok bahan pokok tersedia. Tapi tidak awasi harga barang di pasaran. Dan dari laporan warga di dapil saya, itu banyak harga yang naik jelang Ramadhan. Maka perlu ada operasi pasar dari Indag segera” tandas Anggota Komisi II DPRD Kota Ambon, Rawidin La Ode Ido, saat dihubungi koran ini, Senin (29/3).

Politisi Perindo Dapil Nusaniwe ini mengaku, banyak warga yang mengeluh karena kebutuhan pangan seperti cabai, bawang merah maupun bahan pokok lainnya mengalami lonjakan harga yang signifikan.
Dan ditakutkan, lanjut Rawidin, ada oknum distributor maupun pedagang yang memanfaatkan momen tersebut untuk mencari keuntungan. Sehingga diperlukan operasi pasar secara maksimal hingga memasuki lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah nanti.
“Perlunya operasi pasar ini kan untuk menjaga harga bahan pokok tetap stabil. Karena biasanya, jelang hari-hari besar itu banyak oknum distributor dan oknum pedagang yang bermain harga. Ini yang harus diantisipasi lewat operasi pasar. Jika dibiarkan, maka masyarakat yang dirugikan,” jelasnya.

Dikatakan, persoalan ini akan disampaikan ke komisi untuk dilakukan rapat internal, untuk nantinya memanggil Disperindag Kota Ambon. Sehingga bisa bersama-sama turut melakukan on the spot di lapangan, guna memantau harga bahan pokok di pasaran.
“Persoalan harga barang ini akan segera disampaikan ke komisi, sehingga kita bisa memanggil Disperindag selaku mitra kita. Kita akan pertanyakan pengawasan harga di lapangan seperti apa. Bila perlu kita turun langsung ke distributor dan pasar untuk pantau harga barang sebelum puasa. Secepatnya ini disampaikan,” pungkas Rawidin. (UPE)

Comment