by

Jenazah Covid Diberi Penghormatan

Ambon, BKA- Jenazah Covid-19 yang merupakan salah satu kepala bidang di Bappeda Kota Ambon, di berikan penghormatan terakhir oleh Walikota Ambon, Richard Louhnepaessy beserta jajaran Pemerintah Kota Ambon.

Acara penghormatan itu, dipimpin langsung walikota dan didampingi Sekertaris Kota Ambon, A. G Latuheru, dengan menerapkan protokol kesehatan, didepan gedung Balai Kota, Kamis (12/11).

“Yang meninggal adalah, Kabid di Bappeda Litbang Kota Ambon. Almarhum merupakan salah satu figur terbaik,” ungkap Richard kepada wartawan, usai prosesi penghormatan kepada jenazah dimaksud.

Dikatakan Richard, Pemerintah Kota Ambon, betul-betul merasa kehilangan atas meninggalnya almarhum. “Saya atas nama pribadi, keluarga, dan Pemerintah Kota, turut berbelasungkawa,” ucapnya.

Lebih lanjut, Richard mengaku, sebelum meninggal Almarhum terlebih dulu melakukan isolasi mandiri di rumah selama dua pekan.

“Beliau juga tidak yakin kalau yang bersangkutan itu tertular corona. Seiring berjalannya waktu, akhirnya almarhum mulai merasakan gejala indikasi positif corona, yakni mengalami sesak nafas. Nah pada saat dibawah ke RSUD Haulussy, kondisinya sudah parah kemudian menghembuskan nafas terakhirnya disana,” terang dia.

Apa yang dialami oleh staf Bappeda itu, kata Richard, harus dijadikan sebagai pelajaran bagi semua pihak. Jika sudah merasakan gejala-gejala yang mengarah ke Covid-19, maka harus segera melakukan pemeriksaan ke puskesmas atau rumah sakit.

Walikota dua periode ini menyebutkan, proses pemakaman yang dilakukan terhadap jenazah stafnya tersebut, telah dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan. Yakni prosesi pemakaman akan berlangsung di tempat pemakaman khusus (TPK) jenazah Covid-19 di kawasan Desa Hunuth, Teluk Ambon.

“Semua proses terhadap pemakaman almarhum, sudah sesuai protab prokes. Keluarganya seperti isteri dan anak-anak almarhum juga akan di Swab. Guna mencari tahu apakah mereka tertular corona atau tidak,” pungkas dia. (BKA-1)

Comment