by

Jokowi Akan Tinjau Pelaksanaa Vaksinasi di Buru

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, diagendakan meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara massal di Kabupaten Buru, Provinsi Maluku, Kamis (25/3).

Sebelum ke Provinsi Maluku, Presiden Jokowi terlebih dahulu ke Provinsi Maluku Utara, untuk meresmikan terminal Bandara Udara Kuabang Kao, Rabu (24/3), besok.

Selain meresmikan terminal Bandara Udara Kuabang Kao, Presiden Jokowi juga diagendakan melihat langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di provinsi itu.

Setelah itu, langsung bertolak ke Kota Ambon. Rencananya, Presiden RI tersebut akan bermalam di Kota Ambon, sebelum melaksanakan sejumlah agenda kerja di Provinsi Maluku. Salah satunya, mengunjungi pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Buru.

Bupati Buru, Ramly Umasugi, mengatakan, pelaksanaan vaksinasi massal di Kabupaten itu akan difokuskan di Gedung Serba Guna Kantor Bupati Buru.

“Proses vaksinasi tahap dua di Kota Namlea, akan ditinjau langsung oleh presiden. Rencananya Presiden Jokowi akan menyambangi Kota Namlea pada Kamis, 25 Maret 2021,” terang Umasugi, menggelar rapat terbatas dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan Protokol Kepresidenan, Senin (22/3).

Selain mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, katanya, juga dilakukan berbagai langkah persiapan untuk menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Vaksinasi tahap dua yang akan ditinjau langsung Presiden Jokowi tersebut, akan diikuti oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Dinas, serta TNI-Polri di Kabupaten Buru.

“Pemda pada prinsipnya mendukung seluruh kegiatan yang akan dilaksanakan. Baik itu, vaksin massal 200 orang yang melibatkan Forkopimda, kepala dinas, kemudian TNI Polri dan paguyuban. Mungkin wartawan kalau mau vaksin, silahkan daftar,” ungkapannya.

Di Kabupaten Buru, kata Umasugi, presiden hanya menghadiri agenda itu. Tidak ada agenda lain, selain menghadiri program vaksinasi massal tahap II.

Setelah peninjauan program vaksinasi tahap II tersebut, lanjutnya, Presiden akan langsung kembali ke Kota Ambon, untuk selanjutnya ke Jakarta.

“Tidak ada agenda lain. Vaksin saja. Selesai kegiatan langsung baik ke Jakarta,” kuncinya.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Buru, Umar Karepesina, mengatakan, pemerintah kabupaten telah mempersiapkan berbagai hal terkait kunjungan Presiden Jokowi di Kota Namlea.

“Jadi terkait kedatangan presiden ini, kan kita sementara rapat penentuan dengan Paspampres dan Protokol Kenegaraan, untuk kita tahu proses-proses yang akan dilaksanakan oleh beliau (presiden),” kata dia.

Ia mengungkapkan, kunjungan mantan Gubernur DKI Jakarta itu untuk meninjau program vaksinasi tahap dua, yang diperuntukkan kepada lansia dan pelayanan publik.

“Tujuan kedatangan pak presiden itu untuk vaksin tahap kedua di Maluku, yang dipusatkan di Kabupaten Buru. Kedatangannya hari Kamis,” pungkas Karepesina. (MSR)

Comment