by

Jong Ambon FC Seleksi Pemain U-17

Sebanyak 45 remaja dibawah usia 17 tahun, mengikuti seleksi calon pemain Jong Ambon Football Club (FC) yang dibuka sejak Senin kemarin hingga tanggal 11 Mei 2021. Seluruh pemaian ini diseleksi ketat oleh dua orang pelatih yang didatangkan langsung dari Jakarta.

Dimana nantinya, akan dipilih 25 pemain Jong Ambon FC untuk mengikuti kompetisi Jong Ambon U-17 pada Agustus 2021, serta masuk pada Liga 3 di tahun 2022 mendatang. Seluruh pemain ini diseleksi di lapangan Kompi B Rider 733/Masariku, Waiheru, Ambon, Senin (3/5).

“Untuk event itu, mungkin ada program yang dibuat oleh pelatih dan manager, berkaitan dengan mencari pemain untuk masuk dalam Liga 3. Target tahun ini, untuk U-17. Jadi saat ini, kita fokus untuk U-17. Dan setelah itu ada konsep yang dibuat oleh pelatih dan manager untuk melakukan seleksi lagi bagi pemain mengikuti liga 3, yang usuainya 23 tahun,” ungkap, President Jong Ambon FC, Rhony Sapulette, kepada wartawan.
Tidak menutup kemungkinan, sebutnya, bagi pemain U-17 yang profesional, juga akan dilibatkan dalam kompitisi Liga 3.

“Artinya, walaupun dia usia 17, kalau bisa. Tapi nanti strateginya seperti apa kita lihat dari pelatih. Saat ini, kita berharap mereka yang terpilih adalah mereka yang terbaik. Siapapun dia yang penting punya potensi sebagai calon pemain yang profesional, itu kita bina,” tegasnya.
Rhony juga menilai, agar tidak membias kecurangaan terhadap pihak lain, maka managemen Jong Ambon FC mendatangkan 2 pelatih profesional dari Jakarta, yakni Isman Jasulmei dan Arif Rizalludin. Hal tersebut agar penilaian dilakukan secara profesional.

“Saya jamin soal profesional dalam proses seleksi ini. Dan dari proses seleksi itu, 25 pemain terbaik akan dipilih untuk dibina oleh Managemen Jong Ambon FC,” tutupnya.
Tempat yang sama, Kadispora Kota Ambon, Ricard Luhukay, dalam sambutannya mengatakan, dirinya memberikan apresiasi terhadap niat dan komitmen Managemen Jong Ambon FC, dalam proses seleksi tersebut. Terutama bagi Bung Rhony Sapulette, yang telah menghadirkan Jong Ambon FC di Kota Ambon, dan Maluku secara keseluruhan.
“Hari ini, adalah momen yang luar biasa untuk meningkatkan prestasi anak-anak muda Maluku dibawah usia 17 Tahun. Kita berterima kasih kepada President Jong Ambon FC yang telah menghadirkan klub ini. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, yang tetap memberikan kontribusi yang luar biasa bagi peningkatan prestasi persepakbolaan, khususnya di Kota Ambon, Maluku,” tandasnya.

Dia berharap, dengan seleksi ini, akan memunculkan bakat dan skill terbaik anak-anak Maluku untuk memberikan yang terbaik pula bagi Kota Ambon dan Maluku secara keseluruhan.

“Saya yakin yang datang hari ini adalah yang terbaik, namun dalam seleksi nanti, akan ada yang paling baik dari yang terbaik yang akan terpilih. Dan saya harap itu tidak mengendorkan semangat dan motivasi peserta dalam mengasah skill dan kemampuan dalam olahraga persepakbolaan,” ucap Luhukay.

Diketahui, bahwa ada pemain-pemain Maluku yang telah memberikan kontribusi yang luar biasa, baik dilevel nasional maupun internasional. Untuk itu, atas nama Pemerintah Kota Ambon. Pihaknya juga memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada President dan seluruh Managemen Jong Ambon FC, yang dengan sukarela dan niat yang tulus, mau meningkatkan persepakbolaan di Kota Ambon.

“Kadang ada pemikiran bahwa sepakbola tidak memberikan manfaat, namun sesungguhnya sepakbola banyak manfaat. Semoga hari ini menjadi catatan sejarah bagi kebangkitan persepakbolaan di Maluku, khususnya Kota Ambon. Kita akan meraih prestasi yang gemilang pada tingkatan nasional dan seterusnya,” tutupnya. (UPE).

Comment