by

Jumat Bersih Demi Kesehatan Masyarakat

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Waeura, Kecamatan Waplau, terus berupaya mengedukasi masyarakat mengenai lingkungan bersih. Salah satunya melalui program Jumat Bersih, yang rutin dilakukan setiap hari Jumat.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Waeura, Mahyudin Marasabessy, mengungkapkan, sejak pertama kali dilaksanakan pada awal 2021, program tersebut langsung mendapatkan antusias masyarakat.

Kini program tersebut sudah memasuki minggu kedua. Dalam realisasinya, Jumat Bersih yang digelar 15 Januari lalu, turut dihadiri Babinsa Waeura, Arifin Buton.


Bukan hanya melakukan pembersihan lingkungan, tapi juga dilakukan pembuatan papan larangan membuang sampah sembarangan, yang dipasang pada sejumlah kawasan perumahan masyarakat.

“Jumat Bersih tadi difokuskan di wilayah masjid, sungai dan kantor desa,” kata Mahyudin, kepada Beritakota Ambon, Jumat (15/1).

Untuk itu, dia meminta masyarakat Desa Waeura agar tetap menjaga kebersihan lingkungan, karena kebersihan merupakan bagian dari menjaga kesehatan.

Lebih lanjut, kata dia, kegiatan Jumat Bersih ini dapat memotivasi masyarakat Desa Waeura untuk bergotong royong membersihkan dan menjaga lingkungan sekitar, sehingga terhindar dari sejumlah bibit penyakit. “Jaga kebersihan untuk kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini juga diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat, dan menjadikannya sebagai kegiatan rutin desa setiap Jumat, sebelum melakukan ibadah Shalat Jumat.

“Serta menjadikannya sebagai pembelajaran bagi anak-anak yang ada di Desa Waeura, agar selalu menjaga kebersihan lingkungan,” pungkas Mahyudin. (MSR)

Comment