by

Jumlah Penerima BLT Laha Berkurang

beritakotaambon.com – Jumlah penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) warga Negeri Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon mengalami penurunan dari sebelumnya. Hal ini diakui akibat perubahan regulasi dari pemerintah pusat, yang mengharuskan dilakukan pengurangan penerima bantuan Covid-19 ini.

“Jadi untuk BLT itu memang dari pemerintah pusat sudah memberitahukan bahwa ada sedikit perubahan. Sehingga penerima harus dikurangkan. Dari 300 penerima menjadi 100 penerima. Kami sudah melakukan pendataan untuk hal itu,” ungkap Sekretaris Negeri Laha, Fahmi Mewar, kepada media ini, Jumat (20/8).

Diakuinya, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan RT-RT setempat. Dan pemerintah negeri juga memberikan hak bagi setiap RT untuk memutuskan penerima BLT.

Baca juga: Desa Galala Salurkan Bantuan Warga

“Saya sudah lakukan rapat dengan RT setempat. RT berhak memutuskan siapa saja penerima BLT. Namun setiap RT hanya bisa mengajukan 5 orang dari RT masing-masing. Saya juga menyampaikan agar penerima kali ini harus yang benar-benar membutuhkan bantuan,” terangnya.

Menurutnya, pihaknya juga mengalami kesulitan dalam menentukan penerima bantuan yang ada di lingkungannya.

“Kami juga sangat berat memutuskan penerima. Ada beberapa pertimbangan bahwa semua penerima akan diganti. Namun pendamping menyampaikan bahwa tidak usah. Jadi kami serahkan kepada RT yang lebih tahu kondisi warganya,” sebut Fahmi.

Baca juga: Lateri Dorong Bantuan UKM Bagi Warga

Dan pengurangan yang telah dilakukan itu, tambahnya, telah berhasil diajukan untuk mendapatkan bantuan dimaksud. Dan beberapa bantuan BLT untuk beberapa tahap sudah diberikan bagi warga penerima.

“Setelah di data ulang, kami langsung mengumumkan nama-nama penerima BLT kepada pihak RT untuk memberitahukan kepada warga. Dan sejauh ini kami sudah selesai melakukannya, bahkan kami juga sudah membagiakan BLT beberapa tahap kepada masyarakat,” tutupnya (BKA-2)

Comment