by

Juni, Revitalisasi Pasar Mardika Ditenderkan

Pemerintah Kota Ambon kembali menegaskan tentang rencana revitalisasi pasar Mardika yang dalam tahun ini akan dikerjakan. Dimana proses tender akan dilakukan pada bulan Juni 2021 mendatang. Sehingga diharapkan ada kerjasama antar pemerintah kota dengan para pedagang.

“Kami telah membahas progres pembangunan pasar bersama pemerintah pusat, terkait dengan proses lelang tersebut,” tandas Sekertaris Kota (Sekkot) Ambon, A. G. Latuheru kepada wartawan, Sabtu (22/5).

Menurutnya, lelang proyek tersebut merupakan kewenangan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Yakni dari hasil pertemuan, dalam waktu dekat akan dilaksanakan proses lelang, dimulai dengan lelang management konstruksi (MK). Setelah itu dilanjutkan dengan lelang fisik.

“Zoom terakhir, lelang akan dilakukan bulan Juni 2021. Dan itu kewenangannya ada pada Kementerian PUPR, bukan kita (Pemkot Ambon). Setelah lelang MK dan lelang fisik dilakukan, maka pedagang yang hingga kini masih berjualan di lokasi terdampak revitalisasi, harus segera pindah ke lokasi yang telah disediakan,” sebutnya.

Kata Latuheru, jika pedagang secepatnya bisa meninggalkan lokasi tersebut, maka bisa membantu Pemerintah kota Ambon dalam proses pembangunan nanti. Namun sebelum itu, harus dilakukan pembongkaran terhadap bangunan pasar yang lama.

“Jadi positif tahun ini pasar itu mulai dibangun. Kalau lelang sudah dilakukan akan kita informasikan, agar pembangunan segera berjalan. Harapan kita, setelah pembongkaran pasar lama, tidak boleh ada lagi berjualan disana,” tegas dia.

Ia menambahkan, dampak dari pembangunan pasar itu cukup besar, bahkan bisa berdampak buruk bagi pedagang dan bisa menimbulkan kecelakaan dalam proses pembangunan. Untuk itu, pedagang harus direlokasikan ke sejumlah pasar yang disediakan. “Jika tidak, maka akan menghambat pekerjaan pembangunan pasar modern itu,” tutupnya. (IAN)

Comment