by

Jurgen Klopp Abadi, Tapi Liverpool Menunggu Dewa Penyelamat Steven Gerrard

Nama Jurgen Klopp bagi Liverpool itu abadi. Namun, kesuksesan Steven Gerrard juara bersama Rangers bagai angin segera di pintu Anfield.

Liverpool berterima kasih pada Jurgen Klopp, itu wajib. Namun, terus bertahan dengannya, ini bisa menjadi persoalan lain bagi klub, bahkan bisa jadi menjurus ke situasi pelik.

Tunduk 1-0 dari Fulham tadi malam — kekalahan keenam beruntun di Anfield — kian menyingkap tabir secara terang-benderang bahwa ada yang tak beres dengan Liverpool-nya Klopp.

Tak ada satu pun pihak yang akan membantah prestasi serta capaian-capaian pria Jerman itu dalam merakit kembali kapal pecah Liverpool selama enam tahun terakhir. Juru taktik bernama lengkap Jurgen Norbert Klopp itu begitu banyak jasanya dalam mengembalikan kejayaan klub Merseyside yang telah lama punah.

Fans mana yang bisa sesabar para loyalis Anfield Gank, menanti tiga dekade lamanya untuk berpesta pora, menikmati malam indah mengangkat trofi Liga Primer Inggris musim 2019/20. Sampai-sampai legenda ikonis Liverpool Robbie Fowler menyebut eks peracik strategi Borussia Dortmund itu ‘Sang Dewa’.

Semusim sebelumnya, Klopp pun mengharumkan nama Liverpool di belantika sepakbola Eropa. Malam magis di Istanbul memang indah, tapi kalian fans The Reds akan mengharu-biru bila menapaktilas perjuangan spartan Liverpool merebut gelar Liga Champions yang diwarnai dengan comeback fenomenal kontra Barcelona.

Belum lagi sentuhan tangan dingin Klopp dalam mengorbitkan pemain-pemain yang mendadak bertransformasi menjadi bintang dunia, sebut saja Trent Alexander-Arnold. Bagaimana sang manajer juga memoles veteran James Milner yang tadinya “karatan” hingga kembali berkilau.

Tak ada yang bisa membalas pengabdian Klopp pada Liverpool selain menyimpan sekelumit cerita manis di atas sebagai kenangan indah nan abadi di dalam hati. Namun, kehidupan terus berjalan. Kehidupan ini lebih dari sekadar permainan catur. Ketika raja mati, hidup terus berjalan adalah keniscayaan.

Comment