by

Jurnalis di Buru Berbagi Takjil

Ambon,BKA- Momentum bulan suci Ramadhan, turut dimanfaatkan para jurnalis yang bertugas di Kabupaten Buru dalam mencari pahala dan berkah, lewat kegiatan berbagi takjil secara gratis kepada masyarakat Kota Namlea, Buru, Rabu (5/5).

Pantauan koran ini, selain pembagian takjil, adapula masker yang dibagikan kepada masyarakat secara gratis. Lokasi pembagian difokuskan pada dua lokasi berbeda, yakni di Pasar Inpers Namlea dan Jalan Simpang Lima.

Ada sekitar 150 paket takjil dan 100 buah masker yang diberikan kepada pengguna sepeda motor, pengayuh becak, serta masyarakat yang ditemui di jalanan dan pasar.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Buru, Anto Rada mengatakan, kegiatan ini dalam rangka Hari Kebebasan Pers sedunia yang jatuh setiap tanggal 3 Mei. Dan dalam suasana pandemi Covid-19, rekan-rekan wartawan menyisihkan sedikit rejeki untuk berbagi di bulan Ramadhan.

“Kegiatan ini inisiatif dari rekan-rekan jurnalis yang bertugas di daerah Kabupaten Buru ini, khususnya di Kota Namlea. Kita terinspirasi dengan kondisi pandemi saat ini, sehingga kita menunjukkan ide-ide untuk bisa mengisi bulan suci Ramadhan dengan beramal,” tutur Anto.

Menurutnya, kegiatan tersebut dari penghasilan teman-teman Junalis yang ingin berbagi kepada sesama umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.
“Teman-teman semua dengan bergandengan tangan berupaya mengumpulkan sedikit rezeki dari pendapatan mereka (Junalis) kepada basudara samua yang menjalankan ibadah puasa khususnya di bulan puasa ini,” sebutnya.

Dia berharap, kegiatan ini juga dapat dilakukan masyarakat untuk berbagi rezeki dengan sesame, agar membantu pemerintah daerah.
“Harapan kami karena ini bukan saja dari teman-teman Jurnalistik yang melaksanakan kegiatan ini. Namun, juga sebagai dari sekelompok warga masyarakat juga ingin melakukan kegiatan yang sama membantu pemerintah daerah. Dalam hal, untuk masyarakat yang mungkin belum beruntung mengisi bulan suci Ramadhan ini dengan mendapatkan rezeki,” pungkasnya.

Anto menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan pembagian masker kepada masyarakat di tengah pandemi ini, demi mencegah penularan virus Covid-19 di Kabupaten Buru khususnya di Kota Namlea.

“Kami juga membagikan masker kepada masyarakat sebagai langkah pencegahan dari teman-teman Junalis dalam penaganan Covid-19 di Kabupaten Buru,” ungkapnya.
Ia juga berpesan agar masyarakat selalu menaati protokol kesehatan, dan berharap agar Covid-19 segera berakhir.

“Masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan massa dimana pun itu,” kuncinya. (MSR)

Comment