by

Jurusan Kehutanan Menuju Kampus Merdeka

Ambon, BKA- Ketua Jurusan (Kejur) Kehutanan, Fakultas Pertanian (Faperta), Universitas Pattimura (Unpatti), Dr. Tine Tjoa, berkomitmen untuk meuwjudkan Kampus Merdeka di jurusan tersebut, sehingga jurusan yang unggul dan terdepan di dunia pendidikan di wilayah kepulauan Maluku.

“Kami mengusung kebijakan Kampus Merdeka yang merupakan kelanjutan dari konsep Merdeka Belajar. Pelaksanaannya memungkinkan untuk segera dilangsungkan pada Jurusan Kehutanan,” ujar Tjoa, Sabtu (16/1).

Menurutnya, kampus harus menjadi fasilitator bagi mahasiswa untuk memperluas cakrawala dan ruang belajar, sesuai dengan minat serta bakat yang mereka miliki.


Kampus Merdeka, jelasnya, merupakan salah satu katalis terbentuknya ekosistem pentahelix. Yaitu, sinergi yang menghubungkan perguruan tinggi dengan kebutuhan industri, dunia usaha, masyarakat dan pemerintah.

Di dalam ekosistem pentahelix, katanya, perguruan tinggi memiliki peran sebagai mata air bagi industri, dunia usaha, masyarakat dan pembangunan bangsa.

Untuk itu, civitas akademika harus senantiasa bergumul dalam pemikiran, bagaimana mewujudkan visi dan misi, serta tujuan strategis yang menjadi capaian pembelajaran Kampus Merdeka.

“Menuju Kampus Merdeka termasuk Merdeka Belajar. Tentunya kita akan menemui proses yang tidak mudah. Rintangan dan tantangan akan muncul. Entah bagaimana dan kapan. Lantas bagaimana caranya? Maka civitas akademisi Jurusan Kehutanan harus mampu mencapai target visi dan misi serta tujuan-tujuan strategis itu, guna menjawab konsep dari Kampus Merdeka itu,” pungkasnya.(LAM)

Comment