by

Kadis: Hanya Wacana Dana BOS Ditiadakan

Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis Dikbud) Provinsi Maluku, Dr. Ir. Insun Sangadji, mengatakan, rencana pemerintah menarik penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bagi sekolah yang memiliki jumlah siswa dibawa 60 orang, hanya masih bersifat wacana.

Warning itu dikeluarkan agar Satuan Pendidikan (SP), terutama yang dikelola oleh pihak yayasan atau swasta agar dapat berusaha meningkatkan jumlah siswanya.

“Itu hanya wacana dan belum ada ketetapan dari Kementerian Pendidikan. Wacana itu juga sebenarnya warning buat semua yayasan, agar mereka itu bisa menyelenggarakan sekolahnya dengan baik, dan mengusahakan jumlah murid harus bisa diatas 60 orang,” ucap Sangadji, kepada BeritaKota Ambon di ruang kerjanya, Senin (8/2).

Wacana itu digelontorkan, katanya, karena jika jumlah siswa pada SP hanya 60 orang, maka secara alokasi dana BOS yang diterima pasti sangat kecil. Hal itu akan berdampak pada pembayaran upah guru honor dan penugasan.

“Memang itu masih wacana, tapi itu warning yang baik untuk semua ketua-ketua yayasan. Sehingga saya sengaja jauh-jauh hari panggil masing-masing ketua yayasan, agar mereka juga harus siap-siap. Seandinya wacana itu betul, apa yang harus mereka lakukan, mereka itu mendirikan sekolah mereka juga harus bertanggungjawab terhadap sekolahnya. Pemerintah membantu, tapi pemerintah harus melihat sekolah negeri terlebih dahulu,” akuinya.(RHM)

Comment