by

Kadisdukcapil: Pegawai Saya Tidak Ada Calo

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Ambon, Selly Haurissa menegaskan, saat ini pegawainya tidak ada lagi yang terlibat dalam calo pembuatan e-KTP.

“Yang jelas saya punya pegawai tidak ada yang jadi calo,” ungkapnya Haurissa, kepada wartawan di Balai Kota, Ambon, Jumat (4/6).

Penegasan ini, lanjut dia, untuk membantah opini publik terkait dugaan adanya calo di Disdukcapil Kota Ambon. Yakni jika benar, ada pegawainya yang bermain sebagai calo dalam pembuatan eKTP maupun pengurusan administrasi kependudukan lainnya, maka akan diberikan sanksi tegas sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. “Pasti diberikan sanksi kalau ada,” tandasnya.

Menurut dia, selama ini pihaknya masih menelusuri dugaan calon eKTP yang ada di lingkungan kerjanya. Dan jika kedapatan, pastinya akan dihukum diberikan hukuman yang setimpat dengan perbuatannya.

“Kalo calo masyarakat yang jelas ada. Ada beberapa yang kita kedapatan. Kita panggil berikan pembinaan. Tapi kalau selepas dari pembinaan masih berbuat, hal sama pasti kita laporkan ke pihak berwajib,” terang dia.

Haurissa juga meminta masyarakat untuk tidak percaya orang lain yang dapat membuat e-KTP. “Masyarakat harus berani lapor, jangan percaya para calo-calo,” pesannya.

Disinggung terkait berapa calo yang sudah dibina dan diberikan pengarahan oleh dinasnya, kata dia, kurang lebih ada dua orang. “Sekitar dua orang kita tangkap,” bebernya.

Ia menambahkan, untuk stok blangko e-KTP sendiri, masih cukup untuk tahun ini. “Stok blangko e-KTP kita masih cukup. Yah masih cukuplah tahun ini,” tutupnya. (IAN)

Comment