by

Kajati Baru Diminta Tuntaskan Laporan Korupsi

AMBON-BKA, Direktur Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Maluku, Jan Sariwating, meminta Kajati Maluku, Undang Mugopal, yang baru dilantik, agar menyelesaikan sejumlah laporan kasus korupsi yang masih tergantung pada tahap penyelidikan.

Menurut Sariwating, dari data yang dihimpun LIRA Maluku, ada sejumlah kasus korupsi yang dilaporkan ke kantor Kejati Maluku sampai kini belum ada progres yang dilakukan jaksa.

Baca: Desak Kejari Buru Periksa Kades Sekat

“Untuk itu, kita berharap, bapak Undang Mugopal, membuat terobosan baru di institusi Korps Adhyaksa itu,” kata Sariwating, Kamis (29/7).

Sejumlah kasus yang sudah lama bergulir di Kejati Maluku, misalnya, kasus dugaan korupsi jalan lingkar Wokam di Kabupaten Aru.

“Kan perhelatan Pilkada sudah usai, makanya dengan adanya Kajati baru, kiranya dapat menyelesaikan kasus ini sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” jelasnya.

Jika memang hal ini tidak digubris, maka sudah tentu, citra Kejati Maluku akan menjadi sorotan khalayak ramai.

“Sekali lagi saya berharap, semoga dengan hadirnya Kajati baru, Kejati Maluku lebih eksis dalam menegakkan supremasi hukum di negeri ini,” tandasnya.

Terpisah, Kasi Penkum Kejati Maluku, Wahyudi Kareba, mengatakan, terhadap setiap kasus yang ditangani Kejati Maluku, sudah tentu menjadi atensi pimpinan, sekali pun ada pergantian pimpinan.

Hanya saja, katanya, proses penyelidikan harus dilakukan sesuai dengan prosedur perundang-undangan yang berlaku.

Baca: Jaksa “Cium Bau Korupsi” di Gedung MIPA Unpatti

“Pada prinsipnya semua laporan yang masuk di Kejati, pasti diusut tuntas. Tapi yang jelas, semua harus mengikuti protap (prosedur tetap) yang ada di kejaksaan. Karena kejati mengusut kasus pasti sudah ada skala prioritas. Tidak ada tendensi apa-apa dalam menyelesaikan sebuah kasus korupsi,” singkat Kareba.(SAD)

Comment